Kamis 03 September 2020, 17:53 WIB

Program Peningkatan Keterampilan untuk Cegah Omset IKM Babel Turun

Rendy Ferdiansyah | Humaniora
Program Peningkatan Keterampilan untuk Cegah Omset IKM Babel Turun

MI/Rendy Ferdiansyah
Cegah omset IKM Babel turun. Disperindag Babel berikan peningkatan keterampilan.

 

Akibat pandemi Covid 19, banyak usaha Industri Kecil Menengah (IKM) yang mengalami penurunan omset. Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag) Provinsi Babel melakukan berbagai program pemberdayaan, salah satunya memberikan peningkatan keterampilan dan pengetahuan bagi pelaku IKM.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sunardi mengatakan, pelaku IKM dan UMKM sesungguhnya memang sangat tertekan akibat pandemi. Berdasarkan data survei menunjukkan ada penurunan omset IKM dan UMKM.

''Disperindag melalui bidang pengembangan sumber daya, fasilitasi, dan akses industri pernah melakukan survei pada April 2020 yang datanya menunjukkan bahwa ada penurunan omset pelaku IKM/UMKM. Data ini memang sangat tidak menggembirakan,'' ungkapnya Kamis (3/9).

Baca Juga: Babel Siapkan Lima Skema Lindungi UMKM Saat Covid-19

Penurunan omset tersebut mengakibatkan pada menurunnya kapasitas produksi akibat minimnya permintaan. Sehingga hal ini berujung pada banyaknya pelaku IKM dan UMKM yang gulung tikar akibat pandemi Covid-19.

Namun demikian, pemerintah selaku pembina pelaku IKM, tentunya sangat menyadari hal ini, berbagai program pemberdayaan dilakukan untuk tetap menjaga iklim ekonomi di sektor riil agar terus berputar. Misalnya dengan pemberian masker gratis bagi masyarakat dengan memberdayakan pelaku IKM untuk memproduksi masker yang dilakukan di berbagai tempat.

Selain itu, ada juga bentuk fasilitasi tempat cuci tangan di pusat-pusat keramaian hingga pasar murah yang tetap digelar di tengah pandemi. Hal ini untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok di masyarakat.

Baca Juga: Imbas Korona, Gubernur Babel Ajak Bupati Perhatikan UMKM

''Upaya lain tentunya melalui kegiatan pelatihan seperti ini yang dimaksudkan untuk memberikan peningkatan keterampilan dan pengetahuan bagi pelaku IKM pemula di sektor industri sandang misalnya pelaku IKM yang bergerak pada jasa konveksi pakaian jadi,'' ujarnya.

Pelatihan tersebut bertujuan tidak hanya untuk memberdayakan pelaku IKM di tengah pandemi saja, namun juga merupakan bagian program sosial dalam memerangi Covid-19. (RF/OL-10)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Kepala BPPT: Tidak Ada Peleburan LPNK Iptek Tapi Konsolidasi

👤Siswantini Suryandari 🕔Kamis 06 Mei 2021, 05:59 WIB
Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan konsolidasi jangan diartikan sebagai peleburan menanggapi hadirnya Perpres Nomor 33 Tahun 2021 tentang...
MI/Seno

Satu Alquran Banyak Aliran

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Kamis 06 Mei 2021, 05:35 WIB
ADA pertanyaan yang sering dilontarkan orang, mengapa umat Islam di sana sini banyak aliran dan mazhab, bahkan satu sama lain berkonflik,...
Antara/Mohammad Ayudha

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 1442 H Digelar 11 Mei

👤Medcom.id/H-3 🕔Kamis 06 Mei 2021, 05:30 WIB
KEMENTERIAN Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang isbat penetapan awal bulan Syawal 1442...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya