Selasa 28 Juli 2020, 11:50 WIB

Memahami Prinsip Jurnalistik Dalam Siaran Pers

Media Indonesia | Humaniora
 

MEMBUAT siaran pers bagi pranata kehumasan di suatu instansi merupakan hal yang harus dilakukan. Proses pembuatan itu tentu mengadopsi prinsip-prinsip jurnalistik.

Kondisi itulah yang mendasari pelatihan daring Teknik Menulis Siaran Pers yang digelar Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendkbud RI dan Harian Media Indonesia, 21-27 Juli 2020.

Tiga narasumber dari Media Group memberikan materi selama total 30 jam. Proses yang dilakukan adalah selain paparan materi, 19 peserta diwajibkan membuat tugas untuk kemudian dikoreksi.

"Dengan mengikuti pelatihan ini pengetahuan dan pengalaman saya semakin bertambah. Kemampuan narasumber dalam memaparkan materi pelatihan sangat berkompeten di bidangnya," tutur Aline Rogeleonick di Jakarta, kemarin.

Aline yang sehari-hari menjadi penyunting naskah menyebutkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini bisa diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Saya berharap di pelatihan berikutnya mendapat materi penulisan berita berbahasa Inggris,” imbuhnya.

Selama pelatihan peserta mendapat paparan dari Direktur Pemberitaan Harian Media Indonesia Usman Kansong yang membawakan materi Menggali Informasi Dari Narasumber. Kemudian Head of PR & Partnership Media Academy Henny Puspitasari mengulas materi Berhadapan Dengan Media, dan redaktur opini mediaindonesia.com Eko Suprihatno menyampaikan materi Siaran Pers dan Feature.

Dialog interaktif terjadi ketika peserta bertubi-tubi menyampaikan pertanyaan. Mereka mempertanyakan berbagai hal termasuk cara mudah untuk melakukan penulisan mengingat siaran pers ini sangat lekat dengan penulisan berita. 

Beberapa hal yang biasa dihadapi di Kemendikbud saat berhadapan dengan kalangan jurnalis pun tak luput dilontarkan. Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat para peserta datang dari pranata humas madya, muda, pertama, dan lanjutan.
 
Ketika menutup acara pelatihan ini Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendkbud RI Efrini menyampaikan apresiasinya.

“Saya mewakili Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud RI mengucapkan terima kasih kepada narasumber, panitia pelaksana dari Sekolah Jurnalisme Media Indonesia. Begitu juga kepada para peserta workshop online yang sudah bersedia meluangkan waktunya mengikuti pelatihan ini. Tentu kami sangat berapresiasi dengan adanya kegiatan ini, sehingga bisa membantu kepada para peserta untuk bisa membuat press release yang lebih menarik," papar Efrini. (O-2)

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Mitigasi Bencana, Menko PMK Lakukan Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove di 34 Provinsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:37 WIB
Adapun aksi penanaman mangrove pada GPDRR 2022 merupakan momentum dukungan PBB terhadap komitmen Indonesia dalam pengurangan risiko bencana...
Dok. Kemenparekraf

Perkuat Kampanye Sadar Wisata, Kemenparekraf Gelar Training of Trainer untuk Desa Wisata

👤Meediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:22 WIB
Perubahan tren di kenormalan baru pariwisata bergeser dari pariwisata berbasis kuantitas ke pariwisata berbasis...
Dok. UMJ

Fakultas Pertanian UMJ Gelar Panen Raya Perdana dari Program Kebun Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:08 WIB
FAKULTAS Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar panen raya perdana dari program kebun hidroponik yang diawali pada Maret...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya