Selasa 21 Juli 2020, 12:30 WIB

Karena Pandemi, Kompetisi Sains Nasional Digelar Secara Daring

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Karena Pandemi, Kompetisi Sains Nasional Digelar Secara Daring

Antara
Olimpiade Sains Nasional dulu yang telah berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional.

 

DI tengah pandemi, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi, yang dulu dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Seleksi KSN dilakukan berjenjang mulai dari tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional dan Internasional.

“Sebanyak 13.819 siswa SMA/MA akan mengikuti Uji Coba KSN Provinsi (KSN-P) secara daring, mereka terseleksi dari 148.050 siswa yang telah mengikuti KSN tingkat Kabupaten/kota pada tanggal 10 Maret 2020. Sekarang, peserta didik tersebut akan melanjutkan kompetisi di tingkat provinsi dengan cara daring, sehingga siswa tetap berprestasi dari rumah dengan mengutamakan prinsip keselamatan dan kesehatan” kata pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, Asep Sukmaya, Selasa (21/7).

Uji Coba KSN-P secara daring dilaksanakan secara serentak pada tanggal 20–21 Juli 2020. Asep menyatakan, KSN tingkat provinsi kali ini merupakan tantangan guna mendorong anak-anak Indonesia tetap berprestasi dari rumah, menolak untuk menyerah, menjaga semangat berlomba namun tetap mengutamakan kesehatan dan perlindungan dari bahaya pandemi.

Puspresnas adalah satuan kerja baru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai tugas memfasilitasi pengembangan prestasi prestasi peserta didik dan satuan Pendidikan.

Puspresnas memberikan layanan pengembangan bakat dan minat peserta didik untuk bidang sains yang mencakup 9 bidang lomba KSN pada jenjang SMA/MA yaitu, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Astronomi, Kebumian, Geografi dan Ekonomi.

"KSN P tahun ini akan menjadi masukan berharga untuk mewujudkan Manajemen Talenta Nasional (MTN) sebagaimana telah diamanatkan di dalam RPJMN 2020-2024," pungkas Asep. (H-2)

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Mitigasi Bencana, Menko PMK Lakukan Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove di 34 Provinsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:37 WIB
Adapun aksi penanaman mangrove pada GPDRR 2022 merupakan momentum dukungan PBB terhadap komitmen Indonesia dalam pengurangan risiko bencana...
Dok. Kemenparekraf

Perkuat Kampanye Sadar Wisata, Kemenparekraf Gelar Training of Trainer untuk Desa Wisata

👤Meediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:22 WIB
Perubahan tren di kenormalan baru pariwisata bergeser dari pariwisata berbasis kuantitas ke pariwisata berbasis...
Dok. UMJ

Fakultas Pertanian UMJ Gelar Panen Raya Perdana dari Program Kebun Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:08 WIB
FAKULTAS Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar panen raya perdana dari program kebun hidroponik yang diawali pada Maret...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya