Sabtu 18 Juli 2020, 13:40 WIB

Rumah Sakit TNI-AD Palangka Raya Obati Pasien Korona dengan Madu

Mediaindonesia.com | Humaniora
Rumah Sakit TNI-AD Palangka Raya Obati Pasien Korona dengan Madu

Antara
Madu hutan yang dihasilkan lebah madu raksasa (Apis Dorsata).

 

SELAIN dengan pengobatan medis, Rumah Sakit TNI AD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, memberikan madu murni guna membantu proses penyembuhan pasien covid-19.

"Kami melalui RS TNI AD Palangka Raya juga membantu perawatan pasien positif covid-19, dengan pengobatan medis didukung metode lainnya," kata Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto di Palangka Raya, Sabtu.

Tim medis di RS TNI AD mempercayai madu murni sangat efektif membantu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh seseorang. Madu juga menjadi salah satu pengobatan dari warisan leluhur.

"Treatment obat-obatan dan juga makanan, salah satunya warisan leluhur adalah madu murni itu terbukti sangat membantu meningkatkan imun serta mempercepat kesembuhan," tegasnya.

Faktanya, sebut Purwo, sudah cukup banyak pasien positif covid-19 yang sembuh setelah mendapatkan perawatan, baik masyarakat umum maupun anggota TNI yang pernah terpapar virus tersebut.

Bahkan ia menjelaskan, pernah ada anggotanya terpapar covid-19 dan dirawat di salah satu rumah sakit, namun hingga delapan kali swab hasil pemeriksaannya masih saja positif.

"Akhirnya kami putuskan memindahkannya ke RS TNI AD dan diberikan treatment atau pengobatan seperti yang biasa diterapkan hingga tak lama berselang anggota kami itu dinyatakan dua kali negatif dan sembuh," terangnya.

Sayangnya, kata Purwo, penanganan pasien positif covid-19 di sana terbatas, yakni maksimal sebanyak 14 tempat tidur saja. Sebab pihaknya juga harus melayani pasien umum yang bukan terkait covid-19.

"Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 kami rutin melaksanakan tes cepat, utamanya bagi personel yang tergabung dalam satuan tugas maupun mereka yang sering berinteraksi dengan masyarakat umum," katanya.

Kepala RS TNI AD Mayor dr Alex Ranu menambahkan, penanganan pasien positif covid-19 di sana, sebenarnya tidak jauh berbeda dari RS lainnya. Selain madu, rumah sakit juga memberikan telur rebus maupun vitamin.

"Kami melakukan penanganan dengan pengobatan medis serta dikombinasikan sejumlah hal lainnya, yakni terapi tradisional," ungkapnya.

Adapaun kesembuhan pasien rata-rata antara 10-14 hari, namun ada pula yang lebih cepat yakni di bawah 10 hari. (Ant/H-2)

Baca Juga

ANTARA/Asep Fathulrahman

Polri Putar Balik 32.815 Kendaraan Terindikasi Mudik

👤Widhoroso 🕔Jumat 07 Mei 2021, 23:40 WIB
Polri hingga hari kedua pelaksanaan pelarangan aktivitas pulang ke kampung halaman jelang Lebaran alias mudik 2021, telah memutar balik...
Mediaindonesia.com

Bersiap Gelombang 3, Sebanyak 4.371 Awak Media Tuntas Divaksinasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 23:25 WIB
Sebanyak 4.371 awak media se-Jabodetabek tuntas mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Balai Kota...
dok.korlantas

2 Hari Penyekatan, Kakorlantas Sebut 32.815 Kendaraan Diputarbalik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 07 Mei 2021, 23:01 WIB
SELAMA dua hari pelaksanaan peniadaan mudik sejak diberlakukan 6 Mei 2021, Korlantas Polri telah memutarbalik 32.815 kendaraan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya