Selasa 02 Juni 2020, 14:17 WIB

BPPT: 100 Ribu PCR Sudah Didistribusikan

Aikah Ishmah Winahyu | Humaniora
BPPT: 100 Ribu PCR Sudah Didistribusikan

ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Petugas mengambil sampel lendir dengan teknik swab hidung dan tenggorokan kepada peserta tes PCR (Polymerase Chain Reaction) keliling

 

KEPALA Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengungkapkan Indonesia sudah mampu memproduksi polymerase chain reaction (PCR) diagnostic test. Sebanyak 100 ribu unit PCR yang diproduksi Bio Farma pun telah didistribukan ke rumah sakit/laboratorium rujukan yang memenuhi standar teknis seperti memiliki fasilitas Bio Safety Level (BSL) 2, PCR Open System dan sudah pernah melakukan analisa sampel covid-19.

Beberapa rumah sakit/laboratotium yang telah menerima donasi PCR antara lain, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, BBTKLPP Yogyakarta, Fakultas Kedokteran UGM, Laboratorium Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran UI, dan masih banyak lagi.

“PCR sudah produksi 100.000 kit. Menuju 2 juta unit di akhir Juli,” kata Hammam, Selasa (2/6).

Sedangkan untuk ventilator, masih dalam tahap uji klinis. Diperkirakan dapat diproduksi bulan ini sebanyak 100 unit/minggu/pabrik.

Baca juga: Pemprov Aceh Gratiskan Pemeriksaan Rapid dan PCR Covid-19

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menuturkan proses pengembangan produk riset untuk penanganan covid-19 berjalan dengan relatif lancar. Namun, terkadang masih perlu penyesuaian dalam beberapa tahap.

“Terkadang masih perlu penyesuaian di Kementerian Kesehatan dalam proses pengujian, izin edar, dan pengadaan karena inovasi saat ini belum ada precedent-nya di masa lalu,” ujar Bambang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dapat memproduksi massal test kit non-polymerase chain reaction (PCR) diagnostic test, PCR Covid-19, dan ventilator pada Juni ini.(OL-5)

Baca Juga

MI/HO

Erick Thohir Jajal Dolanan Tradisional bersama Warga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:17 WIB
Dalam festival tersebut masyarakat mengikuti lomba-lomba seperti galasin, ular-ularan, lompat karet, taplak gunung, tarik tambang, bakiak,...
Antara

BPJS Kesehatan Pastikan tidak Ada Perubahan Iuran dalam Penerapan KRIS

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:08 WIB
Skema iuran tetap mengacu pada Perpres Nomor 64 Tahun 2020, di mana besaran iuran bergantung dari golongan kepesertaan BPJS...
Dok. Pribadi

Kolaborasi Second Life Indonesia-kafe Excelso Ajak Perempuan Bangkit di Masa Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:04 WIB
Kegiatan itu memberikan edukasi untuk melakukan pengaturan keuangan keluarga, merekatkan hubungan kasih dan keluarga kembali serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya