Minggu 02 Februari 2020, 08:20 WIB

Manfaat Siwak Menurut Penelitian Ilmiah

Eni Kartinah | Humaniora
Manfaat Siwak Menurut Penelitian Ilmiah

(Foto: pinterest/medcom)
Penelitian membuktikan bahwa siwak adalah bahan alami yang berfungsi menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri

 

SIWAK merupakan bahan alami yang terkenal dalam sejarah Islam. Dulu, Nabi Muhammad SAW menggunakannya sebagai alat pembersih gigi. Penelitian ilmiah di era modern membuktikan siwak yang terbuat dari dahan atau akar pohon Salvadora persica itu memang punya manfaat kesehatan.

Mengenai khasiat kayu siwak, pakar kesehatan gigi dan mulut drg. Ratu Mirah Afifah, menuturkan, berbagai penelitian membuktikan bahwa siwak adalah bahan alami yang berfungsi menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri serta menguatkan permukaan email gigi sehingga mencegah timbulnya gigi berlubang.

Selain itu, siwak juga dapat menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi, menghentikan pendarahan dan peradangan gusi, dan menstimulasi peningkatan produksi air liur yang berfungsi menetralkan kondisi asam di dalam mulut.

“Dengan begitu banyaknya manfaat, penggunaan siwak kini sudah mendunia. Bahkan sejak 1984, World Health Organisation merekomendasikan siwak sebagai bahan yang efektif untuk merawat kesehatan gigi dan mulut,” ujarnya pada peluncuran Pepsodent Siwak di Jakarta, Jumat (31/1).

Selain di wilayah Timur Tengah, siwak juga digunakan di belahan dunia lain meski dengan penyebutan yang berbeda. Di  Jepang misalnya, siwak disebut kiyoji. Adapun di Amerika dan Eropa di sebut miswa.

Pada kesempatan sama, ahli fikih Ustazah Aini Aryani menerangkan, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu yang diutamakan oleh Nabi Muhammad SAW karena menyangkut kesehatan diri sendiri serta adab dalam berhadapan dengan orang lain. Di masa Rasulullah, siwak menjadi bahan yang diandalkan untuk membersihkan gigi. Proses pembersihan gigi itu disebut, bersiwak.

“Seiring waktu, beberapa hadits yang mengisahkan mengenai pentingnya bersiwak memunculkan ilat dari sebagian ulama bahwa sunnah yang ditekankan adalah membersihkan rongga mulut, menggunakan alat bantu apapun. Inilah indahnya Islam yang tak lekang oleh zaman, di era modern seperti sekarang, kandungan siwak yang terkandung di dalam pasta gigi pun dapat memudahkan kita untuk mengikuti teladan Rasulullah SAW dalam merawat kesehatan gigi dan mulut,” kata Ustazah Aini.  (OL-09)

Baca Juga

Ist/BPIP

'Sekolah Pancasila', BPIP Dorong Generasi Pelopor Nilai Pancasila 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 09:37 WIB
BPIP mendorong Generasi Indonesia untuk menggali nilai-nilai Pancasila. Sehingga diharapkan tidak terjebak pada isu-isu yang tidak...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Saiful Mujani Diangkat Sebagai Guru Besar Ilmu Politik UIN Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 08:10 WIB
Kemendikbud menaikkan jabatan Dr Saiful Mujani MA sebagai Profesor dan Guru Besar bidang ilmu politik Universitas Islam Negeri Syarif...
Antara/Rony Muharrman

Kemenkes Instruksikan Dinkes Input Data Vaksinasi ke Pcare

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 06:14 WIB
Kementerian Kesehatan menginstruksikan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan untuk segera memasukkan data hasil vaksinasi ke dalam aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya