Jumat 02 Desember 2022, 10:15 WIB

Spotify Wrapped 2022: Tulus Duduki Posisi Teratas di Tiga Kategori

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Spotify Wrapped 2022: Tulus Duduki Posisi Teratas di Tiga Kategori

MI/Dok Spotify
Tulus

 

Kamis (1/12), Spotify meluncurkan kampanye Wrapped 2022 dengan mengumumkan daftar artis, album, lagu, playlist, dan podcast teratas yang memperlihatkan keragaman pilihan lebih dari 456 juta pendengar di seluruh dunia. 

Pengguna Spotify juga dapat menemukan pengalaman Wrapped personal mereka, dengan fitur-fitur terbaru yang menggambarkan pilihan lagu yang mereka dengarkan sepanjang 2022.

Secara global, Bad Bunny, Taylor Swift, dan Drake menduduki puncak daftar Wrapped yang memuat seluruh album, lagu, dan artis yang paling banyak didengarkan. 

Baca juga: Tulus Ceritakan Nala dan Hati yang Patah

Rapper asal Puerto Rico, Bad Bunny, menempati posisi nomor satu untuk artis yang paling banyak didengarkan secara global selama tiga tahun berturut-turut, dengan lebih dari 18,5 miliar streaming tahun ini. 

Mendekat ke Indonesia, berikut merupakan hasil temuan Wrapped dari para pendengar di Indonesia tahun ini! 

Artis yang Paling Banyak Didengarkan di Indonesia adalah:

  1. Tulus
  2. BTS
  3. Justin Bieber
  4. Taylor Swift
  5. Mahalini
  6. Rizky Febian
  7. NIKI
  8. Tiara Andini
  9. Pamungkas
  10. Olivia Rodrigo

Tulus kembali menorehkan prestasi! Kali ini dengan menyabet posisi teratas di daftar artis, album, dan lagu yang paling banyak diputar di Indonesia sekaligus! 

Bertengger di posisi puncak sebagai artis yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia, penyanyi dan penulis lagu lokal ini bahkan mengungguli artis-artis global seperti BTS (#2), Justin Bieber (#3), dan Taylor Swift (#4). 

Ini merupakan pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir, seorang penyanyi Indonesia berhasil mengungguli artis-artis internasional sebagai artis yang paling banyak didengarkan di Indonesia di Spotify

Di urutan berikutnya (#2 pada Artis Teratas di Indonesia) adalah grup superstar K-Pop, BTS, yang membuat penggemar mereka, ARMY, bangga karena bertahan menjadi grup yang paling banyak didengarkan secara global selama tiga tahun berturut-turut. 

Daftar ini diikuti oleh Taylor Swift dan Justin Bieber di posisi ketiga dan keempat. Urutan kelima ditempati oleh sensasi lokal lainnya, penyanyi perempuan berusia 22 tahun, Mahalini.

Lagu yang Paling Banyak Didengarkan di Indonesia:

  1. Tulus - Hati-Hati di Jalan
  2. Feby Putri - Runtuh
  3. Keisya Levronka - Tak Ingin Usai
  4. Mahalini - Sisa Rasa
  5. Troye Sivan - Angel Baby
  6. Justin Bieber - Ghost
  7. Tiara Andini - Merasa Indah
  8. Stephen Sanchez - Until I Found You
  9. Joji - Glimpse of Us
  10. Fabio Asher - Bertahan Terluka

Lagu Tulus, Hati-Hati di Jalan, menduduki posisi teratas. Lagu ini juga memecahkan rekor di Spotify di awal tahun ini sebagai lagu lokal yang terlama menempati urutan #1 di tangga lagu mingguan Top 50 Indonesia. 

Album comeback Tulus, Manusia, juga menempati posisi teratas sebagai album yang paling banyak didengarkan di Indonesia.

Turut serta dalam gelombang representasi lokal yang masif dalam daftar lagu-lagu teratas Spotify di Indonesia adalah Runtuh dari Feby Putri di posisi kedua, yang sebelumnya juga berhasil berada di tangga 10 lagu teratas Spotify Indonesia selama 43 minggu sepanjang tahun ini. 

Diikuti oleh Tak Ingin Usai dari Keisya Levronka (#3) dan Sisa Rasa dari Mahalini (#4) yang mengungguli lagu-lagu hits internasional seperti Angel Baby dari Troye Sivan, di posisi kelima.

Tahun ini juga sangat menggembirakan bagi para artis perempuan. Jumlah lagu dari penyanyi perempuan yang masuk dalam daftar 10 lagu teratas Indonesia tahun ini meningkat empat kali lipat dari tahun sebelumnya, dan semuanya dibawakan oleh artis lokal. 

Bersama Feby Putri, Keisya Levronka, Mahalini, Tiara Andini dengan lagunya Merasa Indah turut masuk ke dalam daftar 10 lagu yang paling banyak di-streaming di Indonesia tahun ini, menempati posisi ketujuh.

"Kami sangat senang melihat bahwa artis Indonesia terus bersinar di panggung lokal seperti yang terlihat pada data Spotify Wrapped tahun 2022. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia terus mendengarkan dan mendukung bakat-bakat lokal, dengan lebih dari 50% artis dan lagu-lagu di daftar teratas Indonesia berasal dari musisi tanah air," kata Head of Music Spotify Asia Kossy Ng. 

"Hal ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih jauh dalam mendukung musisi Indonesia dan membuka jalan bagi lebih banyak talenta lokal untuk berkembang di platform kami," lanjutnya.

Mulai hari ini, pengguna yang memenuhi syarat juga dapat mengakses pengalaman Wrapped 2022 yang dipersonalisasi untuk setiap pengguna secara eksklusif di versi terbaru aplikasi seluler Spotify (8.7.87 di iOS dan 8.7.86 di Android). 

Di akhir pekan minggu depan, Spotify juga mengundang para pendengar untuk menjajal pengalaman Spotify Wrapped melalui virtual runway di Djakarta Warehouse Project tanggal 9-11 Desember 2022. 

Cuplikan dari hasil Wrapped 2022 Top Indonesia adalah sebagai berikut:

Artis Teratas di Indonesia

  1. Tulus
  2. BTS
  3. Justin Bieber
  4. Taylor Swift
  5. Mahalini
  6. Rizky Febian
  7. NIKI
  8. Tiara Andini
  9. Pamungkas
  10. Olivia Rodrigo

Lagu Teratas di Indonesia

  1. Tulus - Hati-Hati di Jalan
  2. Feby Putri - Runtuh
  3. Keisya Levronka - Tak Ingin Usai
  4. Mahalini - Sisa Rasa
  5. Troye Sivan - Angel Baby
  6. Justin Bieber - Ghost
  7. Tiara Andini - Merasa Indah
  8. Stephen Sanchez - Until I Found You
  9. Joji - Glimpse of Us
  10. Fabio Asher - Bertahan Terluka

Album Teratas di Indonesia

  1. Tulus - Manusia
  2. Olivia Rodrigo - Sour
  3. Tiara Andini - Tiara Andini
  4. BTS - Proof
  5. Tulus - Monokrom (RO/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Instagram @officialblue

Akan Tampil di Jakarta, Blue Minta Hotel dengan Akses Pusat Perbelanjaan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 13:45 WIB
Kuartet beranggotakan Ryan, Antony Costa, Duncan James, dan Simon Webbe tersebut juga berniat menghabiskan waktu keliling ibu kota dan...
ANTARA/Pamela Sakina

Marsha Arui Terkesan dengan Titanic versi Remastered

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 12:30 WIB
Meski pernah menonton film ini semasa kecil, Marsha mengaku tetap tertarik menonton kembali film keluaran 1997, yang diangkat dari kisah...
Instagram @sarafajira

Sara Fajira Mengaku Menikmati Bintangi Film Horor

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 10:30 WIB
Meskipun telah menemukan zona nyaman, Sara tidak menutup diri mengambil peran di genre film lainnya dan masih mencoba terus belajar di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya