Senin 21 November 2022, 16:21 WIB

Sanggar Seni Bali Binaan Guruh Sukarno Putra Sukses Gelar Sesolahan Balin Tityang

Mediaindonesia.com | Hiburan
Sanggar Seni Bali Binaan Guruh Sukarno Putra Sukses Gelar Sesolahan Balin Tityang

MI/HO
Founder Kembalikan Baliku Syandria dan Guruh Sukarno Putra

 

KEMBALIKAN Baliku kembali mementaskan ‘Sesolahan Bali Tityang 2022'. Pagelaran kedua ini sekaligus menjadi ajang uji tampil dan kenaikan tingkat untuk para murid mereka yang berlangsung di Hallf Patiunus pada 19 November.

Pagelaran ini berlangsung lebih meriah dengan menampilkan ragam gerak tari dari murid-murid Kembalikan Baliku, beberapa penyanyi ternama, serta komedi bondres ala Bali. Menjadi sebuah suguhan budaya Bali yang dikemas secara secara apik dan modern untuk menginspirasi anak muda kembali mencintai budaya.

Cicit Soekarno, Syandria, selaku founder dari Kembalikan Baliku mengajak kaum millenial untuk terus menjaga semangat pelestarian seni budaya Indonesia. Ia mengajak milenial untuk kembali mencintai budaya negeri ditengah maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia melalui sanggar budaya Kembalikan Baliku. 

“Ini adalah wujud pergerakan kami, semangat dari murid-murid Kembalikan Baliku untuk terus dan tak akan pernah berhenti jaga budaya Indonesia. Ini bukan hanya bagaimana kami menari dan berproses, tapi wujud kecintaan kami terhadap budaya negeri dan semoga menginspirasi," ujar Syandria.

Sesolahan Balin Tityang ini menampilkan ragam Tari Bali seperti Tari Pendet, Tari Kembang Girang, Tari Belibis, Tari Puspa Mekar, Tari Legong Khas Peliatan dan Tari Legong Jobog yang ditampilkan lebih dari 60 murid Kembalikan Baliku yang terdiri dari beberapa kelas yang dilatih khusus Nyoman Trianawati  dan Putu Astawa.

Perhelatan kian makin meriah dengan penampilan komedi bondres ala Bali yang dibawakan oleh Arsa Wijaya bersama penampil komedi, sukses menyita gelak tawa dari tamu-tamu dan pengunjung yang hadir. Acara ini pun juga diisi oleh para bintang tamu spesial, para penyanyi digandrungi anak muda saat ini seperti Sal Priadi, Laze dan Bilal Indrajaya yang sukses membuat para pengunjung bersing-a-long ria, mengikuti irama musik dan lagu yang mereka mainkan. 

Meski acara ini hanya untuk tamu dan undangan namun mereka juga membuat rangkuman gelaran Sesolahan Bali Tityang 2022 ini dalam format media sosial di akun Instagram @kembalikanbaliku_jkt.  

‘Kebudayaan kita mungkin tergerus oleh asing, tapi saya yakin masih ada harapan untuk terus melestarikan kebudayaan, dan saya menaruh hormat kepada orang tua yang menitipkan anaknya untuk belajar melestarikan budaya di Kembalikan Baliku," ujar Guruh Sukarno Putra selaku Pembina dari Kembalikan Baliku.

Kembalikan Baliku berharap dari pagelaran ini, banyak anak muda yang terinspirasi dari kegiatan yang berbau kebudayaan, melestarikan budaya dengan kemasan yang fresh, serta membuat mereka kembali mencintai budaya bangsanya sendiri. (OL-8)

Baca Juga

MI/NAVIANDRI

Braga Sky 1957, Lokasi Hiburan Legendaris di Kota Bandung, Dihidupkan Lagi

👤Naviandri 🕔Senin 28 November 2022, 21:05 WIB
Braga Sky kembali dihidupkan dengan mengusung konsep baru tanpa meninggalkan konsep lama....
AFP/John MACDOUGALL

Laura Basuki Mengaku Sempat Serba Salah Beradegan Mesra dengan Ernest Prakasa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 28 November 2022, 12:27 WIB
Dalam film itu, Meira Anastasia, yang juga istri Ernest menjadi ko-sutradara. Meira tidak cuma melihat, tetapi juga mengarahkan...
Instagram @ernestprakasa

Cek Toko Sebelah 2 Angkat Isu yang Dihadapi Perempuan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 28 November 2022, 12:21 WIB
"Itulah alasan muncul cerita yang lebih feminin, tapi laki-laki bisa tetap relate kalau punya pasangan dan akan bisa melihat dari dua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya