Senin 17 Oktober 2022, 10:30 WIB

Sam Mendes Akui Empire of Light Sangat Personal

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Sam Mendes Akui Empire of Light Sangat Personal

AFP/VALERIE MACON
Sutradara Sam Mendes

 

SUTRADARA pemenang Piala Oscar Sam Mendes mengungkapkan film terbarunya, Empire of Light, merupakan karya yang personal dan menceritakan kecintaannya akan sinema dan keluarga.

Mendes, yang memenangkan Piala Oscar di kategori sutradara terbaik untuk American Beauty (1999) dan ikut menulis film nominasi Oscar 1917 (2019) membuat debut skenario solonya dengan Empire of Light, yang ia tulis selama pandemi covid-19. Kisahnya sebagian besar tercermin pada perjalanannya tumbuh dewasa dan sang ibu.

"Itu sangat personal. Kisahnya benar-benar dirangsang oleh kenangan dari masa kecil saya tumbuh di sekitar seseorang yang mentalnya berantakan. Namun, entah bagaimana, dia secara heroik juga membawa saya bangkit pada saat yang sama. Jadi itu adalah surat cinta untuknya dan untuk orang lain, keberanian orang-orang yang berjuang dengan penyakit mental," kata sutradara berusia 57 tahun itu, dikutip  Senin (17/10).

Baca juga: Halloween Ends Puncaki Box Office

"Dan, pada saat yang sama, film juga berlatar di dalam dan di sekitar bioskop yang seakan mampu melihat hari-hari (kelam) menjadi lebih baik," imbuhnya.

Empire of Light merupakan sebuah kisah cinta berlatar kota tepi laut Inggris pada awal 1980-an. Film itu dibintangi Olivia Colman, Colin Firth, dan Toby Jones sebagai pekerja di sebuah bioskop lokal bernama Empire.

Dengan negara yang berada dalam resesi, karakter Colman, Hilary, dalam proses pemulihan dari penyakit mentalnya. Selain itu, terdapat ketegangan rasial yang terbangun. Dekade baru telah dimulai dengan awal yang tidak pasti bagi para staf di bioskop itu.

Kedatangan Stephen, seorang kolektor tiket muda berkulit hitam yang diperankan oleh Michael Ward, menyuntikkan kehidupan baru ke dalam bioskop.

Stephen langsung terikat dengan Hilary, seorang perempuan paruh baya yang kesepian, dan hubungan awal mereka membantu menemukan hiburan dan inspirasi.

Empire of Light sudah tayang perdana di Festival Film London pada Rabu (12/10) waktu setempat. Film ini kemudian akan dirilis di bioskop Amerika Serikat pada 9 Desember dan secara global pada awal 2023. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

AFP/Angela Weiss

John Wick Chapter 4 Siap kantongi Rp1 Triliun pada Pekan Perdana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 09:00 WIB
John Wick: Chapter 4 diperkirakan bisa mengumpulkan US$70 juta atau setara Rp1 triliun dari 3.800 bioskop di Amerika Utara selama akhir...
Medcom.id

Winnie the Pooh: Blood and Honey Batal Tayang Mendadak di Hong Kong

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 05:15 WIB
Pemutaran perdana film ‘Winnie the Pooh: Blood and Honey’ di Hong Kong terpaksa dibatalkan setelah pihak bioskop menolak untuk...
AFP/Robyn Beck

Zachary Levi Sebut Fan Snyder Senang dengan Kegagalan Sekuel Shazam!

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 04:56 WIB
Pemeran karakter Shazam, Zachary Levi, menyebut para penggemar Zack Snyder senang dengan kegagalan film ‘Shazam! Fury Of The...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya