Headline
PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menetapkan tarif impor baru untuk Indonesia
PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menetapkan tarif impor baru untuk Indonesia
MALAM itu, sekitar pukul 18.00 WIB, langit sudah pekat menyelimuti Dusun Bambangan
Transformasi digital di sektor keuangan Indonesia berkembang begitu pesat. Itu ditandai dengan adopsi teknologi pada sistem pembayaran yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Saat ini, 90% bank di Indonesia telah memiliki kanal digital, dengan transaksi digital mencapai Rp60 triliun. Lebih dari 33 juta merchant, 90% di antaranya adalah UMKM, telah menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran. Fenomena tersebut memperlihatkan betapa kuatnya adopsi digital di sektor mikroekonomi. Inisiatif Bank Indonesia, seperti BI-Fast yang telah mencatat transaksi senilai Rp2 miliar, kian mempercepat perubahan tersebut.
Pesatnya transformasi digital tentu membawa manfaat yang besar. Inovasi yang mendorong terciptanya sistem pembayaran tanpa batas atau seamless, seperti teknologi NFC (Near Field Communication), berpotensi memperluas akses layanan keuangan dan membuka jalan bagi inklusi keuangan yang lebih luas, terutama di kalangan UMKM.
Baca juga : Transformasi Digital Jadi Penopang Ketahanan Ekonomi Indonesia
Digitalisasi memungkinkan UMKM memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan pada akhirnya memperkuat daya saing ekonomi nasional.
Namun, di sisi lain, derasnya inovasi juga membawa risiko, terutama terkait kejahatan siber dan penipuan yang semakin canggih. Rendahnya literasi digital di kalangan masyarakat membuat kondisi mereka semakin rentan sehingga perlindungan konsumen menjadi prioritas.
Risiko kebocoran data pribadi juga menjadi tantangan besar yang harus diatasi pemerintah dengan langkah-langkah mitigasi yang ketat. Jika tidak, itu akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan digital.
Baca juga : Transformasi Digital Jadi Kekuatan Utama Industri di Seluruh Dunia
Bank Indonesia pun berperan aktif dalam mengakselerasi digitalisasi keuangan. Melalui sinergi dengan berbagai pihak, bank sentral mendorong inovasi berkelanjutan dengan tetap menjaga stabilitas dan keamanan sistem. Edukasi literasi keuangan menjadi kunci dalam menghadapi rendahnya pemahaman digital di masyarakat, dengan prinsip massive, technology-based, responsive, dan consumer-centric sebagai landasan perlindungan konsumen. Bank Indonesia juga berkomitmen memperluas infrastruktur digital yang inklusif sehingga menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi.
Ke depan, inovasi akan semakin berpusat pada kebutuhan konsumen, dengan penerapan teknologi seperti artificial intelligence (AI) dalam pembayaran biometrik, dan penggunaan virtual reality (VR), augmented reality (AR), serta blockchain yang mulai diadopsi secara luas. Semua itu menandakan era baru dalam sistem pembayaran yang lebih canggih, tetapi tetap mengedepankan aspek keamanan dan inklusi.
Digitalisasi keuangan di Indonesia berada pada arah yang tepat, tetapi tantangan yang muncul harus dihadapi dengan kesiapan dan strategi yang matang. Bank Indonesia, bersama dengan kementerian, lembaga, industri dan masyarakat, perlu terus berkolaborasi untuk memastikan bahwa sistem pembayaran digital tidak hanya efisien dan inovatif, tetapi juga aman dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, masa depan keuangan digital di Indonesia tidak hanya menjanjikan, tetapi juga inklusif dan berkelanjutan.
Baca juga : Nilai Transaksi Digital Banking Tumbuh 17,19% di Januari
Pengantar:
Media Indonesia, mulai 9 hingga 20 September 2024, menampilkan 10 karya terbaik peserta Generasi Baru Indonesia (GenBI). GenBI merupakan program beasiswa dari Bank Indonesia untuk para mahasiswa terpilih.(Z-11)
(Z-11)
Penetrasi asuransi masih rendah di kisaran 1,4%-2,7%. Kesenjangan perlindungan tetap menjadi tantangan besar, terutama di daerah perdesaan dan terpencil.
Transcosmos Indonesia (TCID), penyedia layanan omni channel contact center dan digital marketing, merayakan 12 tahun kiprahnya di Indonesia.
ADA sejumlah tantangan digitalisasi yang dihadapi oleh dewan kemakmuran masjid (DKM), seperti belum optimalnya pemanfaatan website dan terbatasnya literasi digital pengurus DKM.
DI tengah dunia yang semakin sibuk dan bising, kemampuan untuk mendengarkan menjadi keterampilan yang makin langka dan sering kali diabaikan.
Langkah ini merupakan strategi Aleph untuk memperkokoh posisi sebagai pemimpin transformasi digital yang menghubungkan pasar global dengan kawasan Asia Pasifik.
Salah satu langkah strategis yang kini mulai diadopsi adalah penggunaan barcode atau QR code sebagai identitas digital untuk menjamin keaslian barang.
Kreator digital di Indonesia memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk budaya online dan menggerakkan ekonomi kreatif.
Affiliate marketing adalah masa depan digital commerce yang bukan hanya sebagai kanal pemasaran, tetapi juga sistem distribusi ekonomi digital yang adil dan berkelanjutan.
Berbagai isu penting seperti gagasan "Leadership 5. 0," dampak dari AI terhadap perubahan angkatan kerja, serta kebutuhan untuk peningkatan keterampilan di era ekonomi digital
Perkembangan ekonomi digital nasional, khususnya di sektor jasa keuangan, perlu diimbangi dengan peningkatan pengetahuan dan kemampuan talenta-talenta digital yang terlibat di dalamnya.
Pendidikan berkelas dunia berfokus pada pengembangan Digital Technopreneur untuk talenta muda yang mampu memadukan teknologi dan jiwa kewirausahaan.
Di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini, ekonomi digital dan data center menjadi salah satu sektor industri prioritas yang berpotensi besar terhadap investasi.
Copyright @ 2025 Media Group - mediaindonesia. All Rights Reserved