Sabtu 25 Maret 2023, 21:47 WIB

Ketum Kadin DKI: Cuti Bersama dan THR Disesuaikan dengan Kondisi Perusahaan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Ketum Kadin DKI: Cuti Bersama dan THR Disesuaikan dengan Kondisi Perusahaan

Ist
Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi

 

KEBIJAKAN pemerintah pusat memajukan cuti bersama Idul Fitri 1444 H dari 21-26 April 2023 menjadi 19-26 April merupakan bentuk antisipasi agar tidak terjadinya lonjakan arus mudik maupun arus balik.

Selain itu, memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga dengan waktu lebih panjang.

Dari sisi bisnis, juga bisa menjadi penggerak roda perekonomian pada bidang-bidang tertentu meski tentu ada sebagian pengusaha yang agak berat dengan penambahan waktu libur tersebut.

Baca jugaPrediksi Lonjakan Pemudik Jadi Alasan Utama Perpanjang Cuti Bersama

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi DKI Jakarta Diana Dewi dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (25/3).

"Pada dasarnya para pengusaha mendukung kebijakan tersebut, tetapi harus dibarengi kedisiplinan para pekerja terkait waktu libur yang telah ditentukan tersebut," harapnya.

Baginya, imbauan pemerintah pusat sifatnya hanya sebagai guidance atau petunjuk, tapi realisasinya tetap mengikuti kebijakan tiap perusahaan.

Demikian halnya dengan anjuran Presiden Joko Widodo agar pengusaha bisa memberikan tunjangan hari raya (THR) maksimal 18 April 2023.

"Selepas pandemi, para pengusaha kini tengah kembali menata bisnisnya, begitu juga cash flow perusahaannya. Itu bukan perkara mudah dan tidak bisa dipaksakan," aku Diana Dewi.

Diana menyerahkan keputusan pemberian THR kepada masing-masing pengusaha.

"Terkait pemberian THR, sebagai Ketua Umum Kadin DKI, saya serahkan kepada kebijakan masing-masing perusahaan. Karena tiap perusahaan punya policy yang disesuaikan kondisi masing-masing," ujarnya.

Baca jugaKemnaker Lakukan Koordinasi 3 Kementerian terkait Perubahan Jadwal Cuti Bersama

Dirinya berharap para pekerja bisa memahami kondisi perusahaan tempat mereka bekerja dan tidak memaksakan.

"Pemerintah dalam hal ini hanya mengimbau dengan pertimbangan waktu mudik tadi. Tapi semua tentu harus dengan pertimbangan matang di tiap perusahaan yang disesuaikan dengan kondisi keuangannya masing-masing," imbuhnya.

Ketum Kadin DKI ini berharap pemberian THR untuk Idul Fitri tahun ini bisa berjalan lancar dan semua pihak bisa berlibur Lebaran dengan suasana hati yang baik dan penuh keikhlasan. (RO/S-2)

Baca Juga

Antara

Pengadaan Lahan Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Rampung Akhir 2023

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 02 Juni 2023, 22:24 WIB
Proses pengadaan lahan untuk seksi 2,3,4, dan 5 Tol Yogyakarta-Bawen dapat selesai pada akhir tahun...
Dok.Antara

Pertamina Patra Niaga Salurkan Perdana Produk Biosolar 35%

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 02 Juni 2023, 22:09 WIB
PT Pertamina Patra Niaga melalui regional Jawa Bagian Barat (JBB) melakukan penyaluran perdana Biosolar 35% (B35) pada, Kamis 1 Juni 2023,...
Dok.MKI

Hari Listrik Nasional ke-78 – Enlit Asia 2023 Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Juni 2023, 22:01 WIB
Hari Listrik Nasional ke-78 - Enlit Asia 2023’ resmi dibuka hari ini dalam acara Silaturahmi Masyarakat Ketenagalistrikan Idonesia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya