Kamis 16 Februari 2023, 18:19 WIB

Negara Dinilai Legalkan Perbudakan Modern Lewat Perppu Ciptaker

Tri Subarkah | Ekonomi
Negara Dinilai Legalkan Perbudakan Modern Lewat Perppu Ciptaker

MI/M Irfan
Para buruh melakukan aksi damai menyuarakan penolakan atas Perppu No 2 Tahun 2022

 

UPAYA pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2/2022 tentang Cipta Kerja dinilai melegitimasi perbudakan modern oleh negara. Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan hal itu karena Perppu Ciptaker tidak membatasi jenis dan durasi pekerjaan alih daya atau outsourcing.

"Di dalam Perppu ini, outsourcing itu seumur hidup dan untuk semua jenis pekerjaan. Negara telah melegalkan perbudakan modern," kata Iqbal dalam konferensi pers yang digelar secara virtual pada Kamis (16/2).

Perppu Cipta Kerja, lanjutnya, juga menggariskan bahwa hanya negara yang dapat menentukan jenis pekerjaan yang masuk dalam outsourcing. Oleh karenanya, Iqbal menyebut negara sebagai agen outsourcing.

Baca juga: DPR Masih Reses, Perppu Ciptaker Dibahas Masa Sidang Mendatang

Selain isu alih daya, sorotan lain Partai Buruh terkait Perppu Cipta Kerja adalah masalah upah minimum yang dinilai tidak lazim. Sebab, upah minimum kota/kabupaten (UMK) ditentukan berdasarkan inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu.

Padahal, Iqbal mengatakan konvensi Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) tidak mengenal penggunaan indeks tertentu sebagai barometer UMK.

Iqbal menegaskan, Partai Buruh bersama Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengecam keras dan menolak sikap DPR RI yang akan menyetujui Perppu Cipta Kerja. Sebab, sikap DPR itu dinilai bertentangan dengan keinginan masyarakat luas.

"Termasuk di dalamnya kelas pekerja, buruh, petani, nelayan, miskin kota, miskin desa, guru dan tenaga honorer, pekerja rumah tangga, buruh migran, buruh informal," tandasnya. (OL-17)

Baca Juga

AFP

Pasar Modal Indonesia Masuk di Dalam 10 Besar IPO Global Kuartal I-2023

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 30 Mei 2023, 14:16 WIB
Indonesia Stock Exchange (IDX) menunjukkan performa yang langka dengan muncul di dalam 10 besar IPO...
Dok.Ist

Raih Skor 85,05, Pelaksanaan GCG di Tubuh PHE Sangat Baik

👤Media Indonesia 🕔Selasa 30 Mei 2023, 14:08 WIB
Rinaldi Firmansyah selaku Komisaris  Utama PHE juga mengucapkan apresiasi kepada semua pihak atas capaian penilaian sangat baik dalam...
Ist/Kemenaker

Indonesia Berbagi Pengalaman Biaya Rekrutmen dan Mobilitas Tenaga Kerja

👤Media Indonesia 🕔Selasa 30 Mei 2023, 13:26 WIB
Pemerintah Indonesia memiliki peraturan baru tentang Pekerja Migran Indonesia, yaitu UU No 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya