Jumat 13 Januari 2023, 15:51 WIB

Pertamina SHU Regional Jawa Lampaui Target Produksi Migas di Tahun 2022

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pertamina SHU Regional Jawa Lampaui Target Produksi Migas di Tahun 2022

Dok. Pertamina
Operasional SHU Regional Jawa PT Pertamina EP

 

SEPANJANG tahun buku 2022, Regional Jawa catatkan kinerja positif dalam operasional produksi minyak bumi sebesar 61.325 barel minyak per hari (BOPD) atau setara 118% dari target yang ditetapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) dan capaian lifting minyak mencapai 61.533 BOPD. 

Sementara itu, produksi gas mencapai 387 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) atau setara 102% dimana lifting gas mencapai 251 MMSCFD.

Pencapaian tersebut diraih atas sejumlah upaya optimal yang dilakukan Perwira Regional Jawa. Pertama, peningkatan aktivitas pengeboran dan kerja ulang sebagai upaya optimasi sumur eksisting. Kedua, peningkatan kehandalan fasilitas produksi. Ketiga, implementasi inovasi terbaru. 

Untuk menambah temuan sumber daya baru, Regional Jawa telah melakukan pengeboran eksplorasi 2 sumur yaitu sumur eksplorasi GQX-1 di wilayah kerja PHE ONWJ dan BJK-001 di area Pertamina EP Jawa bagian Barat, terbukti mampu menambah contingen resources sebesar 114,054 MMBOE.

Baca juga : Sinergi Pengamanan Objek Vital Nasional, Pertamina Tanda Tangan Kerja Sama dengan TN/Polri

Dalam mengelola lapangan migas yang sudah berproduksi puluhan tahun, diperlukan strategi untuk menjaga dan menahan laju penurunan alamiah (decline rate) kandungan migas di reservoir, Regional Jawa melakukan beberapa pengeboran sumur pengembangan sebanyak 26, aktivitas kerja ulang sumur (work over) 20 sumur dan perawatan sumur (well service) sejumlah 670 telah dituntaskan dan turut menyumbang tambahan hidrokarbon.

Direktur PT Pertamina EP Wisnu Hindadari mengatakan, Regional Jawa akan terus berupaya melakukan kinerja yang optimal dalam menjaga produksi dan lifting serta melanjutkan kegiatan eksplorasi, pengembangan dan inovasi-inovasi untuk mencapai target di tahun 2023 ini. 

“Di tahun ini, kita mencanangkan target produksi minyak sebesar 63.244 BOPD dan produksi gas sebesar 369,87 MMSCFD. Beberapa langkah strategis telah disusun, diantaranya dengan akselerasi upaya discovery melalui survei seismik 3D sepanjang 80 KM2,”, ungkap Wisnu.

Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, merupakan pengelola hulu migas dengan wilayah meliputi Zona 5 PHE ONWJ, Zona 6 PHE OSES dan Zona 7 Pertamina EP Jawa Barat. Area kerja Regional Jawa mencakup Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung, dan Jawa Barat. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Ist/Bea Cukai

Bea Cukai Kudus Gagalkan Peredaran Ratusan Ribu Rokok Ilegal Lewat Jasa Ekspedisi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:07 WIB
Bea Cukai Kudus kembali berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal dengan berbagai macam...
Ist/Bea Cukai

Bea Cukai dan Polres Metro Tangerang Kota Ungkap Penyelundupan Sabu dalam Kancing Gaun

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:01 WIB
Bea Cukai dan Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota ungkap penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 317,59 gram jaringan...
Ist/Kementan

Jawa Barat Mulai Panen Raya, Pasokan Beras Melimpah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:50 WIB
Daerah Jawa Barat sebagai penyangga pangan Ibu Kota DKI Jakarta dan penyuplai pasokan beras nasional yang mulai memasuki masa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya