Senin 07 November 2022, 22:10 WIB

Benih dan Induk Ikan Unggul Siap Topang Ekonomi Biru

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Benih dan Induk Ikan Unggul Siap Topang Ekonomi Biru

Antara
Ilustrasi benih ikan

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong produksi induk ikan unggul dan benih bermutu untuk menopang program ekonomi biru di sektor perikanan budidaya. Melalui ketersediaan benih dan induk yang unggul diharapkan dapat mencapai target produksi ikan sebesar 18,77 juta ton pada tahun ini.

"Dalam pengembangan perikanan budidaya, kami lakukan penyediaan dan penyebaran induk unggul dan benih bermutu untuk masyarakat Indonesia,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Tb Haeru Rahayu dalam keterangannya, Senin (7/11).

Ia menambahkan kualitas dan kuantitas induk dan benih bermutu di masyarakat merupakan faktor penting pendukung peningkatan produksi perikanan budidaya.

Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya yaitu Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat, melakukan pengelolaan produksi induk unggul, benih bermutu dan sarana produksi perikanan budidaya air tawar.

Ia menyebut BBPBAT Sukabumi merupakan ujung tombak KKP dalam menghasilkan inovasi teknologi budidaya air tawar.

"Sehingga peran balai ini menjadi sangat sentral dalam upaya peningkatan produksi perikanan budidaya," jelasnya.

Kepala BBPBAT Sukabumi Fernando J. Simanjuntak mengaku memproduksi dan mendistribusikan benih bermutu sebagai bantuan prioritas KKP. Komoditas ikan air tawar yang menjadi unggulan yaitu seperti ikan nila, lele dan mas.

Ia menjelaskan, BBPBAT Sukabumi sampai dengan November 2022 telah menyalurkan stimulus bantuan benih ikan air tawar kepada pokdakan atau elompok pembudidaya ikan yang berada di Jawa Barat, Banten, Jawa tengah, Jawa Timur, DIY dan Bali kurang lebih sebanyak 14 juta ekor, lebih tinggi dari target sebesar 12 juta ekor atau terealisasi 119,59%.

"Sementara untuk stimulus bantuan calon induk ikan telah terdistribusi sebanyak 22.175 ekor dari target sebesar 21.750 ekor," terangnya

Bantuan calon induk ikan tersebut didistribusikan kepada pokdakan yang berada di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta.

Nando menambahkan untuk tahun depan ditargetkan stimulus bantuan calon induk ikan sebanyak 13.565 ekor dan benih ikan sebanyak kuranng lebih 10 juta ekor. Bantuan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar. (OL-8)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VII DPR Dorong Penerapan Ekosistem Investasi yang Kondusif di Sektor Hulu Migas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:00 WIB
Komisi VII DPR akan ikut dalam mengurai masalah investasi hulu migas. Berbagai hal akan didorong dan diupayakan Komisi VII DPR RI untuk...
Antara

Pemerintah Dorong Pengembangan Komoditas Ekspor Hortikultura

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 27 November 2022, 08:59 WIB
Pemerintah mendorong program Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor dengan pola Creating Shared Value (CSV) guna mengoptimalisasi...
Dok.Samanea Group

Samanea Hybrid Trade Outlet Perkuat Rantai Pasok dengan Jaringan Pemasaran Global

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:50 WIB
Samanea Group  mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce  kuat di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya