Minggu 06 November 2022, 20:35 WIB

Ahli Ingatkan Petani Utamakan Pupuk Organik ketimbang Anorganik

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ahli Ingatkan Petani Utamakan Pupuk Organik ketimbang Anorganik

MI/Dwi Apriani.
Petani Desa Lubuk Seberuk, Kecamatan Lempuing Jaya, Ogan Komering Ilir, menghasilkan beras organik dari pupuk yang dibuat sendiri.

 

PUPUK organik lebih kaya manfaat bagi tanaman dan tanah. Pupuk organik mengandung 16 unsur hara, jauh lebih banyak dibanding pupuk anorganik NPK yang hanya terdapat tiga unsur hara, yaitu nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). 

"Seharusnya kita menggunakan pupuk organik sebagai pupuk utama, bukan pupuk NPK. Kenapa? Karena pupuk organik memiliki 16 unsur hara yang diperlukan tanaman," kata guru besar IPB University Iswandi Anas belum lama ini. 

Secara rinci, unsur hara dalam pupuk organik ialah C, H, O, N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Bo, Mo, Cl, Fe, dan Mn. Menurut Iswandi, pupuk organik memiliki kemampuan memperbaiki sifat tanah. 

"Kemudian pupuk organik memperbaiki hampir semua sifat tanah, sifat fisik, kimia, dan sifat biologis. Sedangkan pupuk kimia tidak, hanya memperbaiki ketersediaan N, P, K," kata Iswandi.

Selain itu, pupuk organik membawa dampak positif bagi organisme renik penunjang kesuburan tanah, seperti cacing, bakteri, maupun jamur yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. "Sedangkan NPK tidak bisa meningkatkan jumlah cacing tanah dan sebagainya," ujarnya. 

Dari sisi ekonomi, kata dia, para petani bisa memproduksi sendiri pupuk organik. Tidak perlu bergantung pada keberadaan pupuk sintetis yang harganya terus merangkak naik. 

"Jadi, sekali lagi istilah pupuk utama itu harusnya pupuk organik, bukan pupuk NPK. Semoga diketahui oleh semua petani, pejabat, sehingga kebijakan-kebijakan yang dilahirkan bisa menyokong bahwa pupuk organik merupakan pupuk utama, bukan NPK," kata Iswandi.

Terkait hal itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak para petani dan generasi muda untuk memproduksi pupuk organik, pupuk buatan dalam negeri. "Saatnya yuk kita pakai kekuatan kita buat pupuk sendiri, dari yang ada di sekitar," kata Syahrul. 

Penggagas pupuk organik Biosaka, Ansar, menambahkan pupuk organik diharapkan menjadi pupuk utama yang digunakan para petani Indonesia. "Saya yakin nanti dapat bersirkulasi dengan biaya pertanian yang murah, mudah. Mudah-mudahan jadi profesi harapan anak-anak muda Indonesia di masa depan," kata Ansar. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Bidik Kalangan Pencinta K-Pop. Perusahaan Makanan Gandeng Blackpink

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:52 WIB
Para penggemar biskuit Oreo yang legendaris dan penggemar Blackpink, atau biasa disebut Blinks, bisa segera mendapatkan produk Oreo X...
Dok. Panasonic

Dukung Gaya Hidup Sehat, Panasonic Lengkapi Hunian di SAVASA dengan Sistem Tata Udara Terintegrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:47 WIB
Proyek seluas 37 hektar dengan total kapasitas sekitar 2.500 unit rumah itu mampu menampung sekitar 10.000 penduduk dan direncanakan akan...
Freepik.com

Redam Gejolak Ekonomi Global Tahun Depan, Pemerintah Diminta Bijak Gunakan Anggaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:31 WIB
Indef memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 berada pada kisaran 4,8%, jauh lebih rendah dari proyeksi pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya