Rabu 02 November 2022, 14:45 WIB

Pelindo Siapkan Akses Khusus ke Pelabuhan Kalibaru Dukung NPCT

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pelindo Siapkan Akses Khusus ke Pelabuhan Kalibaru Dukung NPCT

Antara/Rosa Panggabean
Pelabuhan peti kemas dilihat dari kawasan Kalibaru,.

 

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tengah menyiapkan akses khusus New Priok Eastern Access (NPEA) menuju kawasan terminal Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, guna mendukung operasional New Priok Container Terminal (NPCT).
  
"NPEA perlu dibangun seiring dengan pengembangan NPCT 2 dan NPCT 3 yang akan selesai pada 2024,"; kata Direktur Utama Pelindo Arif
Suhartono di Jakarta, Rabu.
  
Arif mengatakan saat ini kapasitas NPCT 1 sekitar 1,5 juta TEUs. Jika pembangunan NPCT 2 dan NPCT 3 selesai, maka kapasitas tiga terminal di Kalibaru ini akan mencapai 4,5 juta TEUs.
  
Ia menyampaikan akses menuju pelabuhan yang selama ini hanya ditopang jalan arteri tidak akan memadai dan berpotensi terjadi antrean di pelabuhan dan penumpukan truk di jalan arteri dan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E Cikunir Ramp-Cilincing.
  
Menurut Arif, untuk mengatasi potensi masalah kongesti tersebut, Pelindo menginisiasi pembangunan jalan akses timur. Panjang jalan akses khusus ini mencapai 6,6 kilometer, separuh berada di darat, setengah lagi di laut.
  
Adapun titik awal jalan nontol berbayar ini berada di kilometer 30 dari arah Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC), dan berujung di kawasan Kalibaru. Jalan ini akan terdiri dari dua arah, masing-masing tiga lajur.  Setelah beroperasi, jalan khusus akses timur bisa dicapai dari arah JTCC dan juga dari arah JORR Seksi E.
  
Kata dia, jarak dari persimpangan (interchange) Cilincing menuju pintu jalan khusus akses timur ini hanya sekitar empat kilometer.
  
"Nanti, akan ada access fee untuk bisa masuk ke NPEA. Meskipun berbayar, NPEA bukan jalan tol. Jalan ini khusus untuk truk kontainer yang akan masuk ke kawasan NPCT," ujarnya.
  
Lebih lanjut, Arif mengungkapkan Pelindo saat ini masih berkomunikasi dengan TNI Angkatan Laut dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) karena sebagian NPEA akan melintasi lahan kedua lembaga tersebut.
  
"Target kita, pembangunan NPEA ini selesai pada pertengahan 2024, berbarengan dengan selesainya pembangunan NPCT 2 dan NPCT 3," katanya.

Jalan khusus ini nantinya bisa diakses baik dari JORR Seksi E maupun dari JTCC. Jalan akses timur ini akan melengkapi proyek Pelindo yang lain, yakni Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Pembangunan jalan tol ini dimaksudkan untuk memperlancar dan mempercepat rus barang dari timur Jakarta.
  
"Kawasan ini merupakan sentral kawasan industri utama di Indonesia yang meliputi Bekasi dan Karawang. "Sekitar 60 % barang menuju Tanjung Priok berasal hinterland di Timur Jakarta ini," katanya. (Ant/E-1)

Baca Juga

Ist

Menjelang Akhir Tahun, Moduit Ajak Investor Tetap Optimistis 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:15 WIB
Pasar modal sebagai salah satu instrument investasi bisa dipelajari jadi pertimbangan dalam berburu...
Ist/Pertamina

Tingkatkan Suplai, Pertamina Patra Niaga Operasikan 3 Terminal LPG Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:20 WIB
Pertamina Patra Niaga siap mengoperasikan 3 Terminal LPG baru. 3 Terminal LPG baru ini dibangun sesuai dengan standar  teknis dan...
FOTO/Dok.Pri

Pengamat: Bapanas Hati-Hati Statement Soal Data dan Ingin Impor Beras 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:03 WIB
Pengamat kebijakan pangan Razikin Juraid menyayangkan sikap Kepala Bapanas yang bersikukuh memilih kebijakan impor beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya