Minggu 30 Oktober 2022, 17:30 WIB

Pulihkan UMKM Pasca Pandemi, HR Path Ajak UMKM Go Digital

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pulihkan UMKM Pasca Pandemi, HR Path Ajak UMKM  Go Digital

MI/Ramdani
Pengelolaan SDM pasca pandemi menjadi tantangan

 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia merasakan berbagai dampak dari pandemi Covid-19. 

Perlu strategi khusus berupa transformasi digital guna memulihkan ekonomi pasca pandemi. Salah satu tantangan yang dihadapi para pebisnis idalam operasional bisnis adalah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). 

Dengan banyaknya perusahaan yang mulai terbiasa menerapkan situasi kerja hybrid, kebutuhan akan transformasi digital dan menjaga kualitas yang baik menjadi sesuatu yang urgen. Banyak pekerjaan saat ini yang beralih untuk dikerjakan di mana saja dan kapan saja atau disebut dengan remote working. 

Tim SDM perusahaan menghadapi tantangan untuk mengelola perubahan organisasi. Mereka membutuhan solusi yang tepat untuk menyediakan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan guna memperkuat dan meningkatkan strategi bisnis mereka. 

HR Path, perusahaan konsultan HRIS (human resources information system) terkemuka di dunia, menjawab kebutuhan transformasi digital UMKM dan perusahaan yang sedang berkembang dengan menghadirkan NUBO, Sistem HR terkonfigurasi dan efisien dengan kualitas berkelas namun harga lebih terjangkau sehingga sesuai dengan keinginan mereka.

“Walaupun NUBO dapat membantu perusahaan-perusahaan dari kategori menengah hingga besar, fokus HR Path adalah menargetkan perusahaan menengah atau perusahaan yang sedang berkembang, dimana sejak masa pandemi, mereka memiliki keinginan untuk bertranformasi ke digital namun terkendala masalah finansial dan keterbatasan waktu,” ujar Marcelany, Direktur HR Path Indonesia.

NUBO adalah solusi HRIS berbasis SAP SuccessFactors yang memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih sendiri aplikasi sesuai kebutuhan dan keinginan bisnis mereka dengan teknologi terstandarisasi (pre-configured). Dengan NUBO, pengguna dapat memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ERP HR terbaik. SAP SuccessFactors adalah penyedia cloud human experience management (HXM) terkemuka berfokus pada SDM untuk Human Capital Management (HCM). HXM memungkinkan perusahaan untuk memberikan karyawan pengalaman yang menghargai nilai individu mereka dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai tingkat kinerja terbaik.

HR Path memahami bahwa banyak UMKM ataupun perusahaan yang sedang berkembang tidak memiliki bandwidth untuk memiliki sistem yang mumpuni. Tetapi dengan NUBO, mereka dapat memiliki dan menerapkan SuccessFactors dengan harga yang terjangkau. Dengan biaya implementasi yang rendah memungkinkan mereka untuk fokus dan berinvestasi dalam meningkatkan jumlah pelanggan mereka. 

“Pendekatan modular NUBO memungkinkan untuk bekerja di manapun dan ke manapun. Modul yang digunakan tergantung kebutuhan. Tidak masalah jika hanya satu modul saja, tidak harus ambil semua modul,” jelas Marcelany. 

Solusi NUBO dari HR Path telah digunakan oleh salah satu grup perusahaan keuangan retail Jepang di  cabangnya di Indonesia. NUBO telah membantu perusahaan dalam bidang pembiayaan konsumen ini ketika mereka sedang membutuhkan solusi SDM dalam kurun waktu yang singkat. Pada bulan Oktober tahun 2021, perusahan ini memutuskan untuk mengganti sistem SDM mereka dan merencanakan untuk melakukan performance review untuk persiapan awal tahun 2022. 

HR Path memberikan perhatian penuh terhadap kebutuhan perusahaan keuangan tersebut. Setelah melakukan analisa, HR Path terpilih berkat kemampuannya menghadirkan solusi HR yang sesuai dengan detail kebutuhan bisnis perusahaan keuangan tersebut. HR Path berhasil mengimplementasikan solusi NUBO dengan waktu on-boarding yang cepat hanya dalam waktu 4,5 pekan sesuai ekspektasi customer. 

Perusahaan keuangan tersebut kini memiliki sistem HR yang disesusaikan dan dapat diandalkan yang sejalan dengan tujuan bisnisnya yakni berkontribusi pada komunitas lokal dengan tetap berorientasi kepada nasabahnya. 

“Sebagai perusahaan konsultan SDM, HR Path selalu mengutamakan pendekatan dengan mementingkan kebutuhan customer, dan solusi SuccessFactors NUBO dengan sistem SDM berbasis teknologi cloud terkonfigurasi yang memang dimodifikasi oleh tim HR Path untuk memudahkan customer dalam bertransformasi digital, ” tutup Marcelany. (RO/E-1)

Baca Juga

 PRESIDENTIAL PALACE/AGUS SUPARTO

Presiden Minta Data Beras Dicermati agar Tidak Salah Ambil Kebijakan

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:49 WIB
Kepala Negara meminta seluruh kementerian/lembaga terkait yakni Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Badan Pangan Nasional dan...
MI/Usman Iskandar

Tahun Depan, Pemerintah Setop Ekspor Bauksit Mentah

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:42 WIB
Keputusan tersebut diambil dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Pemerintah menilai...
Antara

Pegiat Startup Apresiasi Keberhasilan Jokowi Dorong UMKM Go Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:08 WIB
Keinginan Presiden Jokowi agar UMKM go digital ini diakui sebagai terobosan bagus dalam mengikuti pergerakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya