Rabu 12 Oktober 2022, 17:12 WIB

Wapres: Pemerintah Daerah Harus Dukung Target Hilirisasi Ekonomi

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres: Pemerintah Daerah Harus Dukung Target Hilirisasi Ekonomi

Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan arahan dalam suatu forum.

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta setiap daerah untuk berkonsentrasi pada sektor prioritas yang menjadi keunggulan. Hal ini penting untuk mendorong investasi yang menciptakan lapangan kerja baru di wilayah tersebut.

“Arahkan sektor-sektor dari setiap daerah tersebut untuk mendukung target hilirisasi ekonomi,” pungkas Ma’ruf di Jakarta, Rabu (12/10).

Pihaknya juga meminta Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Investasi/BKPM, serta pemerintah daerah, agar membuat peta potensi investasi yang dipandang penting sebagai panduan teknis informasi dan promosi bagi investor. 

Baca juga: November, Jokowi-Xi Jinping akan Lakukan Tes Dinamis Kereta Cepat

“Buat peta potensi investasi daerah yang komprehensif. Peta potensi ini penting sebagai panduan teknis, informasi dan promosi bagi para investor,” imbuhnya.

Ma'ruf turut menekankan pentingnya memperkuat kelembagaan dan tata kelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), sebagai garda terdepan dan motor penggerak kemudahan perizinan di daerah. 

“Perkuat komitmen memberikan pelayanan terbaik untuk investasi. Saya berharap gubernur/bupati/wali kota mendukung penguatan kelembagaan, SDM dan tata kelola DPMPTSP,” kata Ma'ruf.

Baca juga: Bahlil: Rp584 Triliun Investasi yang Mangkrak Sudah Diselesaikan

Dirinya mengharapkan adanya pemerataan investasi di seluruh lapisan masyarakat sebagai kunci pencapaian kemakmuran bangsa Indonesia. “Investasi harus dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, semua wilayah, dan melibatkan pekerja lokal,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Ma’ruf memberikan apresiasi kepada Kementerian Investasi/BKPM yang berusaha mewujudkan keseimbangan nilai investasi di seluruh daerah di Indonesia. 

“Kementerian Investasi/BKPM telah berjuang mewujudkan keseimbangan nilai investasi antara investasi asing dan domestik, Jawa dan Luar Jawa, kolaborasi usaha besar dan UMKM, serta keterlibatan tenaga kerja lokal,” tutup dia.(OL-11)

Baca Juga

MI/HO

Sengketa Ekspor Bijih Nikel RI-Uni Eropa, JAKI Dorong Reformasi WTO

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:40 WIB
ORGANISASI Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional (JAKI) terus berupaya membantu pemerintah RI dalam gugatan pelarangan ekspor bijih...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Program B35 Perlu Dukungan Pembiayaan Pemerintah agar Optimal

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:30 WIB
Pemberlakuan B35 diyakini bakal menyerap lebih banyak biodiesel, sehingga mampu menghasilkan penghematan penggunaan bahan bakar minyak...
dok.ant

Dolar AS Jatuh ke Terendah selama 9-bulan Terakhir

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:30 WIB
DOLAR AS memperpanjang kerugian pada akhir perdagangan Rabu atau Kamis pagi WIB (2/2/2023), jatuh ke level terendah sembilan bulan terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya