Kamis 29 September 2022, 22:57 WIB

Pilihan BI dan Pemerintah Terbatas Atasi Pelemahan Rupiah

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pilihan BI dan Pemerintah Terbatas Atasi Pelemahan Rupiah

Antara
Ilustrasi

 

EKONOM dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai, Bank Indonesia selaku otoritas moneter dan pemerintah selaku otoritas fiskal tidak memiliki banyak opsi untuk menekan dampak global terhadap pelemahan rupiah.

Sebab, pelemahan tersebut disebabkan oleh faktor eksternal yang sukar dikendalikan oleh BI maupun pemerintah.

Terdepresiasinya mata uang Indonesia diakibatkan oleh derasnya dana asing yang keluar, dipicu oleh tingginya suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed) serta menguatnya dolar Amerika Serikat.

"Pelemahan mata uang domestik tidak hanya terjadi di Indonesia. Poundsterling pun mengalami pelemahan yang sangat besar. Oleh karena itu tidak banyak yang sesungguhnya bisa dilakukan," kata Piter saat dihubungi, Kamis (29/9).

Dia mengatakan, hal yang bisa dilakukan oleh BI ialah melakukan intervensi valas guna meredam pelemahan rupiah agar tidak menimbulkan kepanikan pelaku ekonomi.

Setelahnya, di waktu yang tepat, bank sentral dapat kembali menaikkan suku bunga acuannya guna memperlebar spread sekaligus mengurangi tekanan modal asing keluar.

Sedangkan dari sisi fiskal, pemerintah dapat mengoptimalisasi serta mendorong keterlibatan pasar domestik dalam penerbitan Surat Berharga Negara (SBN). Setidaknya hal itu telah dilakukan pemerintah untuk membantu mengurangi volatilitas rupiah. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Aprillio Akbar

Kementerian PUPR Bangun SPAM di Kawasan DPSP Lombok-Mandalika

👤M Ilham Ramadhan 🕔Minggu 27 November 2022, 19:15 WIB
Pembangunan mulai dikerjakan di Kecamatan Sembalun untuk mendukung layanan air bersih perpipaan di kawasan pariwisata Geopark Rinjani,...
MI/AGUNG WIBOWO

60% Mahasiswa Usia Produktif, UT Dukung Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

👤¬†Faustinus Nua 🕔Minggu 27 November 2022, 18:35 WIB
Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Darojat mengungkapkan bahwa sekitar 60% dari mahasiswa UT berada pada usia...
Antara

Dana Desa Naik pada Tahun Depan, MPR: Bentuk Dukungan Pemerintah

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 27 November 2022, 18:32 WIB
Pada tahun ini, setiap desa mendapatkan alokasi dana desa sebesar Rp1 miliar. Lalu pada 2023, anggaran dana desa dinaikkan dua kali lipat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya