Senin 26 September 2022, 16:31 WIB

Sebaran Investasi di ASEAN Dikuasai Singapura dan Indonesia

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Sebaran Investasi di ASEAN Dikuasai Singapura dan Indonesia

Antara
Suasana lanskap kawasan Ibu Kota yang dipenuhi dengan gedung bertingkat.

 

MENTERI Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa penyebaran investasi di kawasan ASEAN hanya dikuasai oleh dua negara, yakni Singapura dan Indonesia. Hal itu menandakan pergerakan investasi belum di kawasan tersebut belum merata.

"Penyebaran investasi di ASEAN ini ada di Singapura dan Indonesia untuk FDI (Foreign Direct Investment/PMA). Sekalipun kita nomor dua, kita merasa tidak adil hanya dua negara ini saja. Harus dilakukan penyebaran," tutur Bahlil dalam konferensi pers, Senin (26/9).

Baca juga: Hasilkan Enam Output, Forum TIIMM G20 Dinilai Produktif

Dalam pertemuan Kementerian Investasi di tingkat ASEAN pada beberapa waktu lalu, pihaknya menegaskan bahwa negara berkembang di ASEAN harus diberikan ruang yang cukup. Hal itu penting untuk meningkatkan sumber daya alam yang mengarah pada nilai tambah.

"Saya menekankan bahwa keberadaan ASEAN tidak boleh dinikmati oleh negara tertentu saja. Tapim kerja sama untuk maju dan sejahtera bersama," pungkasnya.

Lalu, dalam pertemuan tersebut, Indonesia dikatakannya mengajak semua anggota negara ASEAN untuk membangun konsolidasi. Mengingat, berbagai tantangan di ranah global semakin rumit.

Baca juga: Bahlil: Rp584 Triliun Investasi yang Mangkrak Sudah Diselesaikan

"Sangat penting kolaborasi antar negara ASEAN, untuk menghadapi tantangan dari wilayah lain. Sebab, kita tahu perang sekarang bukan soal mencaplok kawasan, tapi juga ekonomi," imbuh Bahlil.

Di samping itu, Bahlil juga berjanji bahwa pihaknya siap membawa aspirasi kawasan ASEAN dalam pertemuan G20, khususnya terkait dengan sektor investasi.(OL-11)
 

 

 

Baca Juga

Ist

SPBE Wujudkan Pemerintahan yang Adaptif, Kolaboratif, dan Berkelanjutan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:04 WIB
Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pemerintah Indonesia tengah berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang...
dok.ist

Dekopin : Pengawasan Koperasi Oleh OJK di RUU PPSK Bertentangan dengan UU 25/1999

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 09:45 WIB
KETENTUAN dalam RUU PPSK tersebut, bertentangan dengan UU 25/1992 tentang Perkoperasian dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor...
Ist/Bank bjb

Bank bjb Raih Penghargaan Human Capital & Performance Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 09:34 WIB
Bank bjb kembali menorehkan prestasi. Kali ini, bank bjb berhasil meraih predikat pemenang Human Capital & Performance Awards...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya