Kamis 08 September 2022, 20:40 WIB

September Ini, PUPR Siap Operasikan Enam Ruas Tol Baru

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
September Ini, PUPR Siap Operasikan Enam Ruas Tol Baru

Antara
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) seksi 4 di Marunda, Jakarta.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyiapkan enam ruas tol baru yang beroperasi pada September 2022, dengan total panjang mencapai 87 kilometer (km).

Ruas tersebut ialah Tol Cibitung-Cilincing seksi 2 dan 3, Tol Padang-Pekanbaru Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu seksi Bengkulu-Taba Penanjung.

Lalu, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu seksi 2A Jaka Sampurna-Kayuringin, Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) off ramp Jatiwaringin Barat dan Tol Serpong-Balaraja seksi 1A.

Baca juga: Hutama Karya Kebut Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Tahap 1

"Tahun ini, yang akan selesaikan ada 16 ruas. Pada September saja, ada 6 ruas yang sudah siap," ungkap Staf Ahli Kementerian PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Endra Atmawidjaja, Kamis (8/9).

Lebih lanjut, dia menjelaskan Tol Serpong-Balaraja seksi 1A sepanjang 5,15 km terhubung dari Serpong hingga Simpang Susun (SS) CBD, yang terdiri dari 3 paket pekerjaan.

Jalan Tol Serpong-Balaraja akan terkoneksi dengan sejumlah jalan tol lainnya. Rinciannya, Jalan Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Baca juga: Pertamina Upayakan tidak Ada Kebocoran dalam Distribusi BBM

"Sistemnya itu sudah selesai sebagian. Terhubung ke Tol JORR 2, nanti keluarnya di BSD Timur, samping persis AEON dan ICE BSD," imbuhnya.

Untuk Jalan Tol Trans Sumatera, yakni Tol Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 16,7 km, akan beroperasi bagian dari Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu dengan total panjang mencapai 96 km. Lalu, Jalan Tol Becakayu Seksi 2a Jakasampurna-Margajaya sepanjang 4,12 km.

"Kalau overall pada 2022, tambahnya adalah 332 km sampai Desember ini. Untuk September saja 87 km. Jadi, ada 16 ruas yang bisa selesai di 2022," pungkas Endra.(OL-11)

Baca Juga

Antara

KKP Resmikan Integrated Maritime Intelligent Platform

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 September 2022, 23:27 WIB
Peresmian infrastruktur teknologi ini mendukung program Ekonomi Biru. Serta, menjaga kesehatan laut dan mendorong pertumbuhan ekonomi...
Antara

Pengamat: BLT BBM tidak Bisa Selamatkan Rakyat dari Jurang Kemiskinan

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 23:17 WIB
Pengamat dari Core menilai BLT BBM hanya bersifat sementara untuk bermasyarakat. Serta, tidak berdampak signifikan pada ekonomi...
MI/Andri Widiyanto

BSI: Pengembangan Sektor Syariah di Indonesia tidak Mudah

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 22:59 WIB
Meski penduduk Muslim di Indonesia lebih dari 220 juta orang, namun literasi atau pemahaman terkait perbankan syariah tergolong rendah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya