Senin 05 September 2022, 19:36 WIB

Ma'ruf Amin: Ekosistem Produk Halal Terhambat Literasi

Emir Chairullah | Ekonomi
Ma

Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menerima jajaran Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) D.I Yogyakarta di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Senin (5/9).

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa dalam pertemuan tersebut Wapres menyambut baik rencana penyelenggaraan kegiatan Jogja Halal Festival 2022 yang diinisiasi MES D.I Yogyakarta.

“Wapres sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini, Wapres selalu bicara betapa pentingnya kita melakukan identifikasi siapa saja yang selama ini menjadi para pengusaha muslim dan ternyata MES Yogyakarta sudah melakukan langkah-langkah itu,” ujarnya.

Masduki menambahkan, Wapres berharap acara yang akan digelar awal November tersebut dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pembangunan ekosistem halal di Indonesia.

“Jadi, problem kita di dalam bicara mengenai ekosistem halal itu adalah literasi masyarakat. Kegiatan di Jogja ini adalah bagian dari (peningkatan) literasi yang penting. Oleh karena itu, rantai pengusaha itu akan diidentifikasi setelah kegiatan itu,” tambahnya.

Untuk itu, menurut Masduki, Ma'ruf berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat lebih besar ke depannya melalui perluasan jaringan yang baik.

“Kegiatan tidak berhenti pada festival, tapi ada pendataan, ada jaringan, dan segala macam itu akan di data dari kegiatan tersebut. Itu harapan Wapres, dan saya kira itu menjadi rangkaian kegiatan berikutnya,” jelas Masduki.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Wapres juga mendorong terbentuknya Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) yang harapannya juga dapat dikembangkan di Yogyakarta.

“Sekarang juga didorong Wapres, disamping ada KNEKS juga nanti ada KDEKS, dan itu diharapkan di Jogja. Sebelumnya sudah ada di NTB, sudah ada di Riau, sudah ada di Sumatra Barat, dan beberapa provinsi yang lain,” pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Rilis Sekolah Makmur untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:16 WIB
“Program ini, merupakan salah satu implementasi dari strategi customer intimacy Petrokimia Gresik dalam menghadirkan solusi atas...
dok.Kementan

Pertanian Kokoh, Kementan Tanamkan Orientasi Bisnis pada Petani Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:15 WIB
REGENERASI petani bagi keberlanjutan pembangunan pertanian nasional, terus diupayakan oleh Kementerian Pertanian RI, utamanya generasi...
Antara/Basri Marzuki.

Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:44 WIB
PT Pegadaian bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gojek memperkenalkan produk bundling investasi sekaligus asuransi bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya