Minggu 14 Agustus 2022, 16:15 WIB

RI Capai Swasembada Beras, FAO Ucapkan Selamat

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
RI Capai Swasembada Beras, FAO Ucapkan Selamat

Antara
Buruh tani menanam padi di area persawahan wilayah Sulawesi Selatan.

 

KEPALA Perwakilan FAO Indonesia Rajendra Aryal menyampaikan selamat atas prestasi Indonesia dalam mencapai swasembada beras. 

Bagi Rajendra, prestasi tersebut tidak mudah. Mengingat, adanya krisis global akibat efek domino perang Rusia-Ukraina, serta pandemi covid-19.

"Capaian ini diraih dalam situasi ketahanan pangan dunia, yang sedang menghadapi tantangan pandemi, perubahan iklim dan konflik. Tapi, Indonesia menunjukkan performa yang bagus," ujar Rajendra dalam keterangannya, Minggu (14/8).

Baca juga: Berhasil Swasembada Beras, Jokowi Dapat Penghargaan IRRI

FAO dikatakannya mengapresiasi keberhasilan Indonesia di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, yang dinilai mampu mencukupi kebutuhan masyarakat dalam sektor pertanian.

"Sangat membahagiakan bagi kami untuk menyaksikan Indonesia melangkah maju dalam menggapai swasembada beras. Kami bangga menjadi bagian dari kerja keras itu," imbuh Rajendra.

Di balik keberhasilan ini, pihaknya juga memuji kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang dianggap mampu mengimplementasikan semua arahan Presiden.

Baca juga: Dunia Internasional Akui Tiga Tahun Indonesia Swasembada Beras

Rajendra menekankan bahwa transformasi sistem pangan dan pertanian merupakan strategi yang sangat diperlukan dalam penguatan pangan Indonesia. Khususnya, saat menghadapi berbagai tantangan yang kompleks.

"Dunia sedang menghadapi tantangan ketahanan pangan yang sulit. Kami berkomitmen bekerja dengan Indonesia dalam upaya transformasi menuju sistem pangan yang inklusif dan tangguh," pungkasnya.

Lembaga penelitian beras dunia, International Rice Research Institute (IRRI), memberikan penghargaan terhadap Indonesia yang mampu mencapai swasembada beras. Penghargaan diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok.SIG

Terapkan Konservasi Energi, SBI Pabrik Cilacap Raih Penghargaan ASEAN Energy Awards 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 06:30 WIB
SIG memanfaatkan sampah perkotaan di fasilitas yang berada di Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap sebagai bahan bakar...
Ant/Ari Bowo

Harga Emas Melonjak Lagi di 33,80 Dolar AS

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 06:00 WIB
HARGA emas menguat pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), memperpanjang kenaikan untuk hari kedua berturut-turut kembali bertengger...
Antara

KKP Resmikan Integrated Maritime Intelligent Platform

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 September 2022, 23:27 WIB
Peresmian infrastruktur teknologi ini mendukung program Ekonomi Biru. Serta, menjaga kesehatan laut dan mendorong pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya