Rabu 03 Agustus 2022, 18:42 WIB

Ini Deretan E-commerce paling Dipercaya UMKM

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ini Deretan E-commerce paling Dipercaya UMKM

DOK MI.
Ilustrasi.

 

PLATFORM e-commerce paling dipercaya oleh para pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) untuk aktivitas penjualan online mereka secara berturut-turut ialah Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%). Ini terungkap dari hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (e-commerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digital Telkomsel, tSurvey.id.

Hasil riset itu juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online ialah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%), dan Blibli (4%). Sedangkan platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online ialah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%). Di antara banyaknya platform pasar dagang online dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace) yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online ialah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, sebagai digital ecosystem enabler, pihaknya terus berupaya membuka peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat. Riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lain. "TSurvey.id menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku e-commerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depan, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar," kata Alfian dalam keterangan resmi, Rabu (3/8).

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap Tokopedia yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya yaitu kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

Baca juga: Bertemu Presiden Jokowi, Ekonom: Perekonomian Nasional Masih Aman

Riset itu berlangsung dari 10 sampai 24 Juni 2022 dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel. Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek sebanyak 60%, Pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30%, dan luar Jawa sebanyak 10%. Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60% responden merupakan laki-laki dan 40% perempuan.

TSurvey.id merupakan platform survei digital yang menawarkan solusi data solutions bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lain secara luas. Kapabilitas platform tersebut diperkaya dengan data insight telco dari lebih dari 170 juta pelanggan sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profiling yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survey yang user friendly. 

"Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform. Ke depan, Telkomsel akan terus mengakselerasi pengembangan inovasi dan teknologi terdepan serta membuka lebih banyak peluang kemajuan di industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data melalui tSurvey.id," ujar Alfian. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Ekonom Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2023 Turun Menjadi 5,04%

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:59 WIB
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 akan mengandalkan sektor domestik dibandingkan sektor eksternal karena ketidakpastian ekonomi...
Antara

Hingga Saat Ini, Ada 142 Investor Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara

👤Ficky Ramadhan 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:39 WIB
Dari 142 investor yang tertarik, sebanyak 90 investor telah menyatakan keseriusan untuk berinvestasi di proyek pembangunan IKN Nusantara di...
Ist

Masuk Musim Panen Padi, Mentan SYL Cek Penggilingan di Kabupaten Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:29 WIB
Kunjungan Mentan SYL ke Kabupaten Bogor dilakukan guna memperkuat pasokan beras nasional khususnya sebagai salah satu penyangga beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya