Senin 01 Agustus 2022, 13:22 WIB

Program Bantuan Jokowi Efektif Tekan Angka Kemiskinan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Program Bantuan Jokowi Efektif Tekan Angka Kemiskinan

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo saat meninjau salah satu stan UMKM

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) terbukti mampu menekan angka kemiskinan di Indonesia. Selama dua periode kepemimpinannya berbagai program bantuan masih terus dicanangkan untuk mengentaskan kemiskinan. 

Program bantuan sosial yang dikucurkan selama ini sangat efektif meringankan beban ekonomi rakyat sehingga terhindar dari jurang kemiskinan.

Menurut akademisi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bengkulu (Unib), Dr. Djoenet Santoso, bantuan pemerintah yang tergabung dalam Jaringan Pengaman Sosial (JPS) begitu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Meski pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, kesigapan pemerintah dalam menggelontorkan bantuan sosial dinilai efektif menopang perekonomian masyarakat. 

"(Dampak bantuan sosial Jokowi) sangat signifikan. Kalau saya secara akademik berbicaranya kan data ya," kata Djoenet, Senin (1/8)

Lebih jauh ia mengungkapkan bahwa imbas hadirnya program bantuan sosial dari pemerintahan Jokowi sukses menekan angka kemiskinan di tengah masyarakat. 

"Kemiskinan sebelum pandemi, kemudian pada saat pandemi dan setelah pandemi," tandasnya.

Djoenet mengatakan peran aktif JPS dapat terus dimanfaatkan untuk menurunkan angka kemiskinan. Pencapaian tersebut, kata dia, dapat diraih lantaran pelaksanaan JPS tepat sasaran di masyarakat.  

Data dari Badan Pusat Statistik mencatat persentase kemiskinan di Indonesia terus menurun ke angka 9,71 persen pada September 2021. Itu artinya jumlah penduduk miskin yang sebelumnya mencapai 27,5 juta pada September 2020 sekarang telah turun menjadi 26,5 juta jiwa. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Sri Mulyani Minta Pertamina Kendalikan Konsumsi Pertalite

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:51 WIB
Hal itu penting untuk dilakukan agar beban subsidi dalam postur APBN tidak semakin membengkak. Diketahui, belanja untuk subsidi energi...
Ist

CreaVid Competition untuk Mendukung Industri Kreatif di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:29 WIB
Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang investasi keuangan, agar masyarakat tidak mudah terpedaya...
Dok. Pribadi

Karya Desainer dan Arsitek Indonesia Ikut Warnai Pembangunan Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:47 WIB
Saat ini Karya Cipta para ahli Indonesia telah mencapai hasil desain yang cukup tinggi dan makin berkualitas dengan dukungan teknologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya