Minggu 17 Juli 2022, 14:18 WIB

Gapki Apresiasi Penghapusan Pungutan Ekspor Sawit

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Gapki Apresiasi Penghapusan Pungutan Ekspor Sawit

ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Kebijakan penghapusan pungutan ekspor sawit ini tidak serta merta akan mendongkrak harga tanda buah segar (TBS) sawit dari petani.

 

GABUNGANG Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengapresiasi kebijakan pemerintah menghapus pungutan ekspor kelapa sawit. Menurutnya, langkah itu dapat mengerek harga tandan buah segar (TBS) petani.

"Bagus karena ini dapat membantu mengangkat harga TBS petani," ujar Sekretaris Jenderal Gapki Eddy Martono saat dihubungi, Minggu (17/7).

Namun dia mengatakan, kebijakan itu mesti dibarengi oleh relaksasi kebijakan yang mempermudah kegiatan ekspor. Sebab, eksportir membutuhkan kepastian izin dalam 1-2 bulan sebelum ekspor dilakukan.

Baca juga: Mendagri: Industri Sawit dalam Negeri Perlu Didukung

Itu dikarenakan pengekspor perlu mengatur kepastian kapa pengirim komoditas tersebut.

"Kondisi saat ini stok sangat tinggi, kalau ekspor tidak lancar, stok terus bertambah bahkan produksi bisa berhenti dan ini bisa menghambat kenaikan harga TBS petani," terang Eddy.

Dia juga menyampaikan, kebijakan penghapusan pungutan ekspor sawit ini tidak serta merta akan mendongkrak harga TBS petani.

"Tergantung kondisi tanki-tanki, kalau belum terkuras, rasanya kenaikan harga juga tidak signifikan," pungkas Eddy. (Mir/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/DHemas Reviyanto

BUMN yang Sehat Beri Dampak Besar Bagi Negara dan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:45 WIB
"Sejak awal, kita berkomitmen melakukan transformasi menyeluruh dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya...
Dok. Pribadi

Perusahaan Elektronik Midea Akan Bangun Pabrik di Indonesia

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:33 WIB
Pusat produksi Midea secara global memiliki lebih dari 150.000 karyawan di lebih dari 200 negara dan wilayah menghasilkan pendapatan...
Antara

Pertamina Temukan Cadangan Migas Baru

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:01 WIB
Temuan cadangan migas baru dari tiga sumur eksplorasi ini melengkapi keberhasilan temuan cadangan Pertamina sebelumnya pada Semester I...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya