Minggu 10 Juli 2022, 17:40 WIB

Pertamina Kembali Naikkan Harga BBM dan Elpiji Nonsubsidi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina Kembali Naikkan Harga BBM dan Elpiji Nonsubsidi

ANTARA/Adwit B Pramono
Kendaraan sedang mengantre untuk mengisi bahan bakar di SPBU Manado, Sulawesi Utara.

 

PT Pertamina (Persero) pada hari ini kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax Turbo dan Dex Series serta elpiji nonsubsidi jenis Bright Gas.

"Harga bahan bakar Pertamina telah dirancang sebagai wujud apresiasi untuk Anda dalam memberikan pelayanan prima di SPBU kami. Harga bahan bakar berlaku mulai 10 Juli 2022," demikian pernyataan resmi Pertamina dalam laman MyPertamina yang dikutip Antara di Jakarta, Minggu (10/7).

Pertamina menyatakan porsi produk Pertamax Turbo dan Dex Series hanya lima persen dari total konsumsi BBM nasional. Sedangkan, porsi produk elpiji nonsubsidi hanya enam persen dari total komposisi elpiji nasional.

Harga Pertamax Turbo yang sebelumnya dijual Rp14.500 per liter sekarang menjadi Rp16.200 per liter, Pertamina Dex yang semula Rp13.700 kini menjadi Rp16.500 per liter, dan harga Dexlite dari Rp12.950 naik menjadi Rp15.000 per liter.


Baca juga: PLN Jakarta Prediksi Beban Puncak Listrik saat Idul Adha Naik 11 Persen


Sementara itu, harga elpiji Bright Gas juga naik sekitar Rp2.000 per kilogram.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan alasan kenaikan harga BBM dan elpiji nonsubsidi karena mengikuti perkembangan harga minyak dan gas dunia.

Pada Juni 2022, harga minyak Indonesia atau Indonesian crude price (ICP) senilai US$117,62 atau lebih tinggi 37% bila dibandingkan dengan harga pada Januari 2020.

Sementara itu, harga elpiji berdasarkan contract price Aramco (CPA) pada bulan lalu menyentuh angka 725 metrik ton atau lebih tinggi 13% jika dibandingkan dengan harga rata-rata sepanjang tahun lalu.

Irto mengklaim meski ada kebijakan penyesuaian harga, tetapi harga itu masih terbilang kompetitif bila dibandingkan dengan produk sejenis yang dijual oleh sejumlah perusahaan penyalur BBM dan elpiji di Indonesia. (Ant/S-2)

Baca Juga

Antara

OJK dan Menko Polhukam Perkuat Kerja Sama Penegakan Hukum di Sektor Jasa Keuangan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:45 WIB
Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk...
Dok.YPTI

Kominfo Dorong UMKM Disabilitas Terlibat di Ekonomi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:35 WIB
Ketua Yayasan Perempuan Tangguh Indnesia Myra Winarko mengapresiasi langkah Kominfo yang memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada pelaku...
Dok.ist

Minat Properti Tinggi, Akad Kredit Massal BNI dengan La Palma 3 Kali dalam 2 Bulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:00 WIB
La Palma Grande menjadi unit proyek terpilih. Karenanya, BNI memberi berbagai kemudahan untuk konsumen La Palma Grande melalui progran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya