Senin 04 Juli 2022, 16:20 WIB

Ihatec Gandeng Lembaga Riset Jepang untuk Sosialisasi Produk Halal  

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ihatec Gandeng Lembaga Riset Jepang untuk Sosialisasi Produk Halal  

DOK Pribadi.
President of Yano Research Institute Ltd, Takashi Mizukoshi, dan Direktur Ihatec Evrin Lutfika.

 

AKHIR Juni lalu menjadi hari bersejarah bagi Indonesia Halal Training and Education Center (Ihatec) dan Yano Research Institute Ltd Jepang. Kedua lembaga untuk kedua kali menandatangani MoU kerja sama mengenai pelaksanaan kegiatan pelatihan, jasa konsultasi halal, dan riset pemasaran untuk perusahaan Jepang yang akan memasarkan produknya di Indonesia. 

Kerja sama ini dilatarbelakangi karena meningkatnya jumlah perusahaan Jepang yang ingin mengekspor produknya ke Indonesia. Halal ialah salah satu isu penting di luar perdagangan dan ekspor produk ke pasar Indonesia karena permintaan halal dan regulasinya. Untuk memenuhi persyaratan halal, perusahaan harus mengetahui kebijakan, regulasi, dan prosedur proses sertifikasi halal di Indonesia. 

"Saya sangat senang di tengah pandemi kerja sama yang kita jalin menjadi langkah bagus untuk halal yang semakin mendunia. Saya juga ikut turut senang dengan tambahan kerjasama di bidang marketing research. Semoga ke depan akan semakin baik bagi kita semua," ungkap President of Yano Research Institute Ltd, Takashi Mizukoshi, saat Signing Ceremony secara virtual, akhir bulan lalu. 

Direktur Ihatec Evrin Lutfika mengatakan kerja sama ini mendorong pihaknya untuk terus berusaha memberikan yang terbaik di bidang pelatihan, konsultasi, dan kerja sama melakukan riset pemasaran dalam hal Sistem Jaminan Halal khususnya bagi perusahaan-perusahaan di Jepang. "MOU ini mengikat kami untuk bekerja sama lebih erat menuju tujuan bersama kami, mengejar internasionalisasi ekosistem halal. Masing-masing pihak akan mengejar banyak kegiatan penting, seperti promosi pelatihan halal, webinar, konsultasi, dan riset pemasaran," kata Evrin dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/7). 

Evrin menambahkan, ruang lingkup kerja sama meliputi persiapan pelatihan halal khusus untuk klien Yano Research Institute, jasa konsultasi halal yang meliputi pembuatan dokumen SJPH, persiapan audit, administrasi pendaftaran halal, hingga proses Si Halal BPJPH. Selain itu, marketing research masuk ruang lingkup kerja sama ini. 

Baca juga: Inflasi Turki Sentuh Level Tertinggi dalam Dua Dekade

Hal ini untuk mendukung dalam penyediaan informasi mengenai pasar halal di Indonesia, tenaga penelitian dan survei, serta penelitian dan survei dengan metode yang tepat. Penandatanganan kerja sama ini diharapkan menjadi langkah awal untuk kerja sama dan bersinergi dalam sosialisasi dan edukasi jaminan produk halal luar negeri.

Evrin juga mengatakan Ihatec dan Yano Research Institute Ltd mendukung penuh perusahaan luar negeri khususnya dari Jepang, dalam proses ekspor ke Indonesia. Ini sekaligus mendukung terwujudnya Indonesia sebagai produsen produk halal terbesar di dunia pada 2024 dan menjaga kepercayaan konsumen atas produk halal. 

Kerja sama ini, lanjut Evrin, juga menguatkan posisi Ihatec menjadi pusat unggulan pelatihan dan edukasi halal baik di dalam negeri maupun luar negeri. "Terima kasih kepada tim Yano Research Institute Ltd atas dedikasi dan upayanya dalam pembaruan MoU ini khususnya Aya Kambe dan Marlinda, perwakilan penelitian Yano, yang bertanggung jawab atas kerja sama halal dengan Ihatec," ungkap Evrin. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Kemenhub: Kenaikan Tarif Ojol Diundur Sementara

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 12:59 WIB
Berdasarkan hasil peninjauan kembali Kemenhub, diperlukan waktu yang lebih panjang untuk melakukan sosialisasi Kepmenhub Nomor 564...
Ist

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:15 WIB
TNI Angkatan Darat menanam jagung di lahan milik PTPN seluas 1.140 hektare di Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten...
Dok.Bank DKI

Aktif Digitalisasi Pasar, Bank DKI dan Perwakilan BI Jakarta Pantau Penerapan QRIS Di Pasar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:53 WIB
Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42% (yoy) menjadi 477.262 dibanding periode Juli 2021 sebesar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya