Sabtu 28 Mei 2022, 08:17 WIB

Penggunaan Teknologi Dapat Mempercepat Pemulihan Ekonomi Bangsa

mediaindonesia.com | Ekonomi
Penggunaan Teknologi Dapat Mempercepat Pemulihan Ekonomi Bangsa

Ist
Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menyelenggarakan Halalbihalal dengan tema 'Pemulihan Ekonomi melalui Teknologi untuk UMKM'.

 

IKATAN Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menyelenggarakan Halalbihalal yang tidak hanya bersilaturahmi, namun juga sebagai salah satu langkah dalam upaya pemulihan ekonomi bangsa.

Tema yang dipilih dalam halalbihalal kali ini adalah “Pemulihan Ekonomi melalui Teknologi untuk UMKM”.

Tema ini sengaja dipilih karena teknologi merupakan salah satu alat utama untuk mendongkrak pemulihan ekonomi pasca-pandemi.

Gembong Primadjaja, Ketua Umum Pengurus Pusat IA-ITB, menjabarkan beberapa program utama IA-ITB pada tahun 2022 terkait tema ini.

Termasuk di dalamnya adalah penerapan teknologi terkait dengan Food, Energy, Water (FEW), produksi dan pemasaran minyak nano atsiri, serta penerapan teknologi di bidang pariwisata (Bali SDG’s walk).

Acara yang dilaksanakan di Gedung Smesco pada Jumat (27/5) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan  Usaha Kecil Menengah (Kemenkpo UKM).

Pameran UMKM para alumni ITB juga ditampilkan di dalam lokasi acara sebagai bentuk pengenalan serta pemberdayaan langsung dari UMKM yang ada.

Hal ini juga tercermin dari berbagai makanan dan jajanan yang disajikan merupakan usaha para alumni dari berbagai daerah.

Dalam keterangan, Sabtu (28/5), Gembong menyatakan, “Selain hilirisasi riset teknologi untuk mendukung UMKM dalam negeri, IAITB juga memiliki beberapa program unggulan internasional diantaranya pengembangan kompetensi alumni dan masyarakat untuk bertarung di dunia internasional, membangung Metaverse New Istanbul City (kota baru di sekitar Mega Kanal Istanbul), serta pembuatan Indonesian Woman Center di 22 negara yang tahun ini akan dimulai di 6 kota termasuk di antaranya Washington DC, Brisbane, Tokyo, Seoul, Berlin, dan Istanbul.”

Baca juga: CrediBook Gandeng Universitas Warmadewa Dukung UMKM Berbasis Digital

“Tahun 2022 melalui UMKM, IA-ITB juga mendorong pemberdayaan perempuan dan disabilitas. Upaya ini dioptimalkan melalui kegiatan W20 yang merupakan Side Event G20,” tambah Gembong.

Halalbihalal ini dihadiri juga oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. IA-ITB bekerjasama dengan Kementerian Sosial dalam upaya penataan pemukiman dan pemberdayaan Masyarakat Suku Laut di Batam.

Program bersama ini dilakukan untuk mendapatkan hasil optimal antara pemanfaatan teknologi dan pelestarian budaya Masyarakat Suku Laut.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan,”Halalbihalal IA ITB ini mengambil tema yang luar biasa, karena pasca Covid mungkin banyak perusahaan yang bertumbuh, namun tidak akan bisa secepat ketika normal.:

"Jadi dengan adanya kegitan Alumni ITB untuk menciptakan UMKM dengan basis teknologi, akan membantu pemulihan ekonomi karena adanya kesempatan lapangan kerja bagi yang membutuhkan," kata Risma.

Ketua Panitia, Audis Subekti, dan Wakil Ketua Panitia, Zaumi Sirad, menambahkan, “Peserta halalbihalal kali ini berasal dari berbagai penjuru tanah air. Bahkan banyak alumni yang tinggal di luar negeri pun menyempatkan hadir pada kesempatan ini."

"Kegiatan alhamdulillah terlaksana dengan baik dan tetap mematuhi prosedur kesehatan yang berlaku. Dimeriahkan juga lomba kostum yang dimenangkan oleh Asep Berlian, seorang pelukis senior dari ITB,” ujar Audis.

Gembong mewakili seluruh pengurus IA-ITB mengucapkan terima kasih kepada para pejabat negara, para Ketua Ikatan Alumni Perguruan Tinggi lain, para direktur BUMN serta perusahaan swasta, para pengusaha dan para alumni dari berbagai kalangan yang telah bersedia hadir dalam kegiatan ini.

Sebagai penutup dari pemaparannya, Gembong menyampaikan,“Indonesia adalah negara yang besar. Untuk mewujudkan keunggulan bangsa, kita harus bekerja bersama. Dan itu dimulai dengan pemulihan ekonomi." (RO/OL-09)

Baca Juga

dok.ist

Dukung UMKM Mataram, Sandiaga Sarankan Program 'Bedakan'

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:05 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara (YSI) yang berkolaborasi dengan PT Kokikit Akademi Indonesia dan Bhinneka...
Dok. Intiland

Intiland Gelar Tahapan Topping Off Apartemen SQ Rés, Siap Sambut Geliat Sektor Properti

👤Mediaindonesia.om 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:51 WIB
Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga menjelaskan pelaksanaan topping off menjadi tahapan penting dalam proses...
Ist

Tabungan Simpedes Ajak UMKM PeDe Memimpin Perubahan

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:47 WIB
AKTIVITAS masyarakat dan perputaran ekonomi Indonesia yang mulai kembali normal harus dimanfaatkan pelaku UMKM yang sempat terpuruk selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya