Selasa 17 Mei 2022, 19:04 WIB

Optimalkan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI dan Polri

mediaindonesia.com | Ekonomi
Optimalkan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI dan Polri

DOK BEA CUKAI

 

MENGEMBAN fungsi sebagai pelindung masyarakat, khususnya dari pemasukan dan peredaran barang-barang ilegal, Bea Cukai terus berupaya mengawasi masuknya barang-barang yang membahayakan keamanan negara, merusak kesehatan, meresahkan masyarakat, dan barang yang tidak memenuhi standar. Pelaksanaan tugas tersebut pun tak dapat berjalan optimal tanpa bantuan instansi penegak hukum lainnya. pengawasan hal tersebut, Bea Cukai berupaya bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya, seperti TNI dan Polri, untuk optimalisasi tugas.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Selasa (17/5) mengatakan, komitmen sinergi antarinstansi tersebut diwujudkan oleh kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah dengan melaksanakan pertemuan dan diskusi dengan para pimpinan instansi penegak hukum. Seperti yang dilaksanakan Bea Cukai Pasuruan yang menjaga jalinan kerja sama dengan TNI melalui dukungan terhadap pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113.

Program ini merupakan wujud salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu cita ketiga yang menyebutkan bahwa "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Dukungan atas pelaksanaan tugas instansi penegak hukum lainnya juga ditunjukkan Bea Cukai Labuan Bajo yang mengunjungi Markas Komando Pangkalan TNI AL Labuan Bajo. Kunjungan tersebut merupakan implementasi jalinan kerja sama dan sinergi pelaksanaan tugas antarinstansi.

"Kami meminta bantuan TNI untuk dapat meningkatkan kerja sama dalam upaya meningkatkan kinerja pengawasan dan penegakan hukum sesuai dengan tugas pokok dan fungsi tiap-tiap instansi. Kunjungan tersebut diterima langsung dan disambut hangat oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal), Letkol Laut (P) Roni, ST, M.Tr.Hanla yang juga menyampaikan bahwa Lanal Labuan Bajo siap bekerja sama dan saling mendukung demi melindungi masyarakat serta memajukan negeri," ungkap Hatta.

Kunjungan kerja serupa juga dilaksanakan Bea Cukai Yogyakarta ke berbagai instansi di wilayah DI Yogyakarta, seperti TNI dan Polri. "Sehubungan dengan hadirnya kepala kantor yang baru, yaitu Bapak Eko Darmanto, Bea Cukai Yogyakarta pun melakukan kunjungan kerja untuk membangun koordinasi yang baru antara Bea Cukai dan berbagai instansi aparat penegak hukum. Jadi kunjungan ini merupakan agenda kepala kantor Bejo dalam rangka perkenalan sekaligus memperkuat sinergi antar instansi pemerintah di wilayah DIY," urai Hatta.  (OL-10)

Baca Juga

Dok Modernland

Saat Pandemi, Modernland masih Mampu Catat Laba Rp458 M

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:10 WIB
Perseroan membukukan penjualan pemasaran Rp1,4 triliun. Segmen residensial mendominasi dengan Rp1,1 triliun, meski turun 18% ketimbang...
MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya