Jumat 22 April 2022, 17:00 WIB

FSM Bantu Ciptakan Lapangan Kerja di Sektor Ekonomi Kreatif

Budi Ernanto | Ekonomi
FSM Bantu Ciptakan Lapangan Kerja di Sektor Ekonomi Kreatif

DOK IST
Family Sunday Movie (FSM) April 2022 .

 

FAMILY Sunday Movie (FSM) April 2022 telah melalukan seleksi dan kurasi. Official selection peringkat pertama untuk periode April berhasil diraih film berjudul Subuh (Miracle at Dawn), karya sutradara Achmad Rezi Fahlevie, produksi Noise Films.

Sementara peringkat kedua diraih oleh film berjudul Jagat, karya sutradara Taufik Fathoni Indra Permana, produksi Kine Club UMS.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku bangga dengan para sineas muda yang semangat berkarya dan menciptakan lapangan kerja melalui film pendek.

"Salut kepada sineas muda yang selalu semangat berkarya, menciptakan lapangan kerja melalui produksi film, dan menjadi bagian dari proses pemulihan ekonomi nasional yang terus kami upayakan," ungkap Sandiaga dalam keterangan resminya pada Jumat (22/4).

Pada periode April, dari 109 submisi, setidaknya 77 di antaranya adalah komunitas atau peserta baru. Menurut Sandiaga, hal ini menunjukkan bahwa sineas muda memiliki semangat dan antusiasme yang cukup tinggi terhadap FSM. Sejak dibuka Februari lalu, hingga kini sudah ratusan peserta dari berbagai daerah yang berpartisipasi dalam FSM.

Baca juga:Will Smith Disarankan Kembalikan Piala Oscar 

Hal senada juga diutarakan oleh Mohamad Ariansah, salah satu tim kurator FSM yang mengatakan, "FSM April ini, sineas muda yang mendaftarkan karyanya kebanyakan wajah baru dan jumlah yang submit dari luar Jawa, seperti Sumatera dan Sulawesi semakin banyak. Bisa dibilang peta sebaran FSM semakin luas dan menghasilkan ‘embrio-embrio’ filmmaker baru. Selain itu, karya yang didaftarkan pun kebanyakan adalah karya baru yang diproduksi tahun 2022 ini."

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun sudah menyiapkan berbagai apresiasi bagi kedua film terpilih di antaranya sertifikat, kit FSM, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf sebagai bagian dari ekshibisi. 

"Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan berhak menjadi nominasi pada Annual Awards FSM yang diselenggarakan pada November mendatang bersama film-film terpilih lainnya," imbuh Sandiaga.

Sandiaga optimistis film-film official selection bisa memicu sineas muda lainnya untuk menghasilkan karya yang luar biasa, semakin berkualitas, dan mengharumkan daerahnya.

“Kerahkan semua potensi yang kita punya, bangkitkan ekonomi kreatif dengan berkarya #DiIndonesiaAja," ujarnya bersemangat seraya mengimbau kepada peserta yang belum terpilih agar jangan berhenti mencoba peluang pada Mei mendatang. (R-3)

Baca Juga

Ist/DPR

Komisi V DPR Minta Ditjen Perhubungan Laut untuk Evaluasi Program Tol Laut

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 11:40 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meminta Ditjen Perhubungan Laut untuk mengevaluasi program tol...
Ist

MMS Group Tandatangani Kontrak Pasok Listrik PLN Sebesar 199,8 MVA

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 11:19 WIB
MMS Group Indonesia telah menjalin kemitraan strategis dengan PLN. PT Multi Harapan Utama (MHU) menjadi top 10 supplier batu bara ke...
MI/Fransisco Carolio Gani

Pelaku Usaha Tidak Mempermasalahkan Perpanjangan PPKM

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 05 Juli 2022, 11:18 WIB
Pemerintah secara resmi telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia dari 5 Juli sampai 1 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya