Selasa 19 April 2022, 09:48 WIB

Kementan : Pasokan dan Harga 12 Bahan Pangan Pokok di Sulawesi Barat Aman

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan : Pasokan dan Harga 12 Bahan Pangan Pokok di Sulawesi Barat Aman

Ist/Kementan
Tim Kementan memantau harga bahan pokok di Pasar Banggae, Kabupaten Majene, Sulteng.

 

DUA pasar yang banyak didatangi masyarakat guna berbelanja kebutuhan sehari-hari di Provinsi Sulawesi Barat, menjadi lokasi pantauan 12 bahan pangan pokok oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Pemantauan ini guna memastikan ketersediaan bahan pokok selama ramadan dan menjelang hari raya lebaran. Pasar Banggae, Kabupaten Majene dan Pasar Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah adalah dua lokasi di Sulawesi Barat tersebut yang dipantau, Selasa (19/4).

Tim terdiri dari jajaran Kementan yakni Kepala Pusat Karantina Hewan  dan Keamanan Hayati Hewani, Badan Karantina Pertanian (Barantan), Wisnu Wasisa Putra selaku penanggung jawab pengawalan dan monitoring ketersediaan dan harga bahan pangan pokok untuk Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kepala Karantina Pertanian Mamuju, Agus Karyono. Dan  didampingi oleh Satgas Pangan DKP Sulbar dan instansi terkait lainnya baik di tingkat Provinsi maupun di kota Mamuju.

"Baik harga dan ketersediannya masih dalam kendali," kata Wisnu. 

Menurut Wisnu, dari hasil  laporan yang diterimanya, diketahui ketersediaan dan harga bahan pangan utama seperti beras, telur, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai keriting, cabai hijau, daging sapi, daging ayam, serta aneka sayur masih dalam kondisi yang aman. 

Baca juga: Kawal 12 Bahan Pokok di Sulawesi Tengah, Kementan Turun Langsung

12 Bahan Pangan Pokok di Sulawesi

Sejalan  dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang meminta seluruh jajarannya bersama pemerintah daerah di seluruh provinsi yang ada di Indonesia untuk melakukan pengawalan dan monitoring ketersediaan pangan dan harga 12 bahan pokok. 

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang bersama dengan empat jajaran tinggi pratama di lingkup kantor pusat Barantan dan  seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian di Pulau Sulawesi  turun langsung ke lapangan dan mengawal ketersediaan serta harga 12 bahan pangan pokok. 

Selain untuk menjamin ketersediaan bahan pangan pokok selama Ramadan  dan jelang Lebaran tahun 2022, sesuai dengan tugas pokoknya, jajaran Barantan juga menjamin kesehatan dan keamanan serta kelancaran distribusi bahan pangan.

Sebagai informasi, Sekretaris Barantan, Wisnu Haryana  menjadi penanggung jawab program yang sama di Provinsi Gorontalo. Untuk Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan, Junaidi menjadi penanggung jawab programnya dan Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, Wisnu Wisesa Putra mengawal dan melakukan monitoring ketersediaan dan harga bahan pangan pokok di Sulawesi Utara.

"Sejalan dengan arahan pak Menteri, kami di Barantan hingga masa libur lebaran nanti  mengawal 12 bahan pangan pokok di Sulawesi setiap minggunya," jelas Bambang, selaku penanggung jawab stabilisasi pangan wilayah Sulawesi.

Dengan pemantauan akan didapat data, sehingga jika diperlukan langkah intervensi dalam  pendistribusian satu komoditas dari daerah surplus ke daerah defisit dapat dilakukan.  Ketersediaan bahan pangan  dan kestabilan harga ke-12 bahan pokok menjadi akhir dari tujuan program ini. 

"Dan ini dilakukan di 34 provinsi lainnya yang dipantau langsung jajaran Kementan," pungkas Bambang

Baca Juga

MI/ Moh Irfan

Upaya Erick Thohir untuk Cegah Korupsi di BUMN Dapat Apresiasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:06 WIB
Toto Pranoto mengapresiasi penegakan hukum yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir dan Kejaksaan Agung dalam memberantas praktik korupsi...
Ist

Jerry Sambuaga Mengundang Pelaku Kripto untuk Berinvestasi di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:46 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga berada di Malaysia untuk menjadi pembicara dalam seminar yang bertemakan Asian...
dok.ist

Dirjen Pajak Diduga Terbitkan SP2 Perubahan Palsu pada PT SBS

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:40 WIB
PERKARA sengketa pajak antara PT. Surya Bumi Sentosa (SBS) yang menggugat Direktur Jenderal Pajak memasuki babak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya