Senin 11 April 2022, 17:05 WIB

Penjualan Kendaraan Maret Ini Tertinggi dalam Dua Tahun Terakhir

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Penjualan Kendaraan Maret Ini Tertinggi dalam Dua Tahun Terakhir

MI/Andri Widiyanto
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Sudirman, Jakarta.

 

ANGKA penjualan wholesale kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia pada Maret 2022 berhasil menembus 98.524 unit. Angka tersebut menjadi yang tertinggi dalam dua tahun terakhir.

Sepanjang bulan yang sama, penjualan retail tercatat mencapai 89.811 unit. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan angka penjualan wholesale dan retail telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal sebelum pandemi covid-19.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian. Menurutnya, pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan luar biasa pemerintah lewat berbagai kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.

Baca juga: Mobil Buatan Karawang Diekspor Ke Luar Negeri

Menurut Yohannes, kebijakan Kementerian Perindustrian perihal relaksasi PPnBM DTP telah berhasil membangun gairah pasar dan mendorong tingginya permintaan. Di samping itu, kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif.

"Secara keseluruhan, kebijakan relaksasi PPnBM DTP mampu menggerakaan ekosistem seluruh lini industri otomotif Indonesia. Membangkitkan kembali industri otomotif yang menjadi salah satu sektor andalan," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (11/4).

Gaikindo mencatat kenaikan signifikan setelah berlakunya kebijakan PPnBM DTP. Pada 2021, kenaikan penjualan domestik sebesar 68%.

Dengan hasil penjualan Maret 2022, pencapaian kuartal I 2022 yang mencapai 263.810 unit juga kembali mencatatkan kenaikan sebesar 41,1%, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca juga: IIMS 2022 Gairahkan Pasar Otomotif Nasional

Gaikindo melihat hasil penjualan kendaraan yang luar biasa pada Maret lalu, tidak lepas dari dorongan yang diberikan oleh penyelenggaraan pameran otomotif terbaru Jakarta Auto Week (JAW) pada 12-21 Maret 2022. 

Dia juga menambahkan bahwa keputusan Gaikindo dan anggota memberikan stimulus untuk mendongkrak angka penjualan. Kementerian Perindustrian juga memberikan respons yang sangat positif atas hasil pencatatan penjualan kendaraan di Maret 2022.

“Dukungan dan arahan Kementerian Perindustrian agar JAW dapat kembali berkontribusi terhadap pencapaian industri otomotif Indonesia. Semakin meningkatkan semangat Gaikindo untuk menyelenggarakan JAW kembali,” jelas Yohannes.(OL-11)
 

Baca Juga

Ist

Digital Marketing Bantu Pelaku Usaha Tumbuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:14 WIB
Wadah ini juga bisa melakukan kerja sama strategis dengan berbagai pihak yang dapat membantu meningkatkan penjualan melalui berbagai macam...
Antara

Risiko Global Meningkat, APBN Diarahkan Jaga Daya Beli Masyarakat

👤 Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:10 WIB
Pemerintah melalui instrumen APBN, berhasil meredam tingginya tekanan inflasi global, sehingga daya beli masyarakat terjaga dan pemulihan...
Antara

Lewat Diversifikasi Produk Perikanan, KKP Harap AKI Meningkat

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:39 WIB
KKP memiliki target Angka Konsumsi Ikan (AKI) pada 2024 mencapai 62 kg per kapita per tahun. Pada 2021, AKI nasional tercatat 55,37 kg...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya