Jumat 08 April 2022, 10:14 WIB

IPO, Sigma Energy Compressindo Raih Dana Rp62,1 Miliar

Fetry Wuryasti | Ekonomi
IPO, Sigma Energy Compressindo Raih Dana Rp62,1 Miliar

Antara
Ilustrasi karyawan mellihat layar monitor pergerakan IHSG) di gedung BEI Jakarta.

 

Sigma Energy Compressindo Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan alat untuk monetisasi minyak dan gas suar bakar dengan menggunakan teknologi kompresi untuk penurunan emisi gas rumah kaca, menggelar penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dengan melepas 270.000.000 saham.

Besaran saham itu setara dengan 29,67% dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan, dengan harga Rp 230 per saham. Perseroan menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia selaku Underwriter.

Perseroan didirikan pada tahun 2007 dan merupakan perusahaan pionir layanan jasa yang berfokus di bidang kompresor untuk menjawab isu strategis zero routine flaring, dengan menggabungkan teknologi mini gas compressor yang memiliki ketepatan dalam lingkup kerja dan keekonomian dalam mendukung konsep monetisasi pemanfaatan dari pembakaran gas suar bakar.

"Kami berhasil menjadi pionir proyek ini bersama salah satu K3S swasta di Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Hasil tersebut membuat PT SINERCO dipercaya menjadi agen tunggal (sole agent) teknologi mini gas compressor di Indonesia," kata Benny, Direktur Utama Perseroan, Jumat (8/4).

Langkah perusahaan masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO adalah bagian dari strategi meningkatkan kapasitas pendanaan dan tata kelola untuk lebih baik lagi. Kinerja perusahaan sampai September 2021 mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang positif. Perusahaan menyatakan optimistis dengan prospek bisnis monetisasi minyak dan gas suar bakar yang dijalankan perseroan saat ini.

"Keunggulan Produk kami adalah, memiliki multi fungsi, yaitu dapat berfungsi sebagai mesin kompresor yang memonetisasi gas suar bakar (flare recovery), sebagai mesin penyedot gas pada sumur-sumur gas yang bertekanan rendah( wellhead), dan sebagai mesin peningkat tekanan gas pada pipa-pipa distribusi (booster). Selain itu, Mesin kompresor kami berbentuk ringkas dan padat (compact)," kata Benny.

Amir Suhendro Samirin, Direktur Utama PT NH Korindo Sekuritas Indonesia yang merupakan salah satu Penjamin Pelaksana Emisi Efek memaparkan, bahwa Perseroan mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 31 Maret 2022.

Dari aksi korporasi ini, Perseroan akan menerima dana segar sebesar Rp 62,1 miliar dimana dana yang diraih Perseroan dari IPO ini, sekitar 15,50% akan digunakan untuk membayar utang di PT Bank KEB Hana, selanjutnya sekitar 44,75% akan digunakan untuk Pengembangan Usaha Perseroan. Sisanya sekitar 39,75% akan digunakan untuk modal kerja Perseroan. (OL-12)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Pendaftaran BBM Subsidi Lewat Website MyPertamina Khusus untuk Roda Empat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:46 WIB
“60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengkonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM...
Ist

Menuju Kelas Dunia, IPCC Terminal Kendaraan Luncurkan Logo Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:12 WIB
Perjalanan itu kini membawa IPCC dalam posisi dari yang sebelumnya hanya sebagai Car Terminal Operator menuju Car Terminal...
Dok. Pribadi

Membangun Brand Bukan Hanya Sekedar Viral, Tapi Butuh Originalitas Untuk Bertahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:07 WIB
Ian menegaskan, strategi viral marketing memang bisa membuka prospek, namun tidak bisa diimplementasikan untuk semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya