Kamis 07 April 2022, 23:21 WIB

Menteri PUPR: Progres Peningkatan Jalan Kota Jambi Segera Beres

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menteri PUPR: Progres Peningkatan Jalan Kota Jambi Segera Beres

MI/PANCA SYURKANI
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau proyek peningkatan kualitas jalan nasional Kota Jambi (Batanghari II) - Zona Lima yang merupakan akses utama menuju Candi Muaro Jambi dan Pelabuhan Muara Sabak di Jambi, Kamis (7/4).

Peninjauan dilakukan Presiden Jokowi saat dalam perjalanan dari Kota Jambi menuju kawasan Cagar Budaya Candi Muaro Jambi, tepatnya di Jalan Batanghari II - Zona Lima (STA 07+000) Kabupaten Muaro Jambi. 

Baca juga: Kejagung Periksa Tersangka Sipil Korupsi Tabungan Prajurit TNI AD

PUPR menjelaskan, peningkatan kualitas Jalan Batanghari II - Zona Lima sepanjang 33 km telah memasuki tahap penyelesaian akhir untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas tiga wilayah, yakni Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

Ruas Batanghari II - Zona Lima pun terhubung dengan ruas Zona Lima - Muara Sabak sepanjang 28,80 km yang merupakan akses utama menuju Pelabuhan Logistik Muara Sabak. 

"Peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan untuk memberikan kelancaran, juga kenyamanan perjalanan pengendara," kata Basuki dalam siaran pers. 

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi Bosar Hasoloan Pasaribu mengatakan pembangunan jalan nasional Batanghari II - Zona Lima dan Zona Lima - Muara Sabak telah dimulai sejak 2016 untuk meningkatkan konektivitas antara Kota Jambi - Pelabuhan Muara Sabak dengan anggaran Rp578 miliar. 

Khusus pada 2020 - 2022, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 119,4 miliar untuk penanganan Batanghari II - Zona Lima dan senilai Rp113,7 miliar untuk penanganan Jalan Zona Lima - Muara Sabak sesuai standar nasional lebar bahu jalan 7 meter. 

"Saat ini progres penanganan Jalan Batanghari II - Zona Lima sudah 98% dan Jalan Zona Lima - Muara Sabak sudah 88%. Seluruhnya ditargetkan selesai Mei 2022," kata dia.

Dengan menyelesaikan proyek itu diharapkan dapat mengurangi kemacetan Simpang Sinjenjang karena menjadi simpang kendaraan bermuatan batu bara dan sawit menuju Pelabuhan Talang Duku. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Blibli

Fitur Pembayaran Tempo Blibli Mitra Bantu Toko Kelontong Jaga Arus Modal dan Stok Barang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:48 WIB
Vice President Blibli Mitra Hansel mengatakan, kehadiran toko kelontong di area tempat tinggal masyarakat hingga ke pelosok menjadi solusi...
DOK Sinar Mas Land.

Logo Baru, Kota Wisata Cibubur Kembangkan 150 Ha untuk 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:38 WIB
Hingga saat ini Kota Wisata membangun 45 klaster perumahan dengan desain yang terinspirasi dari eksotika kota-kota besar di dunia di atas...
Antara/Subur Atmamihardja

Pertamina Tegaskan Aplikasi MyPertamina Belum Diterapkan Untuk Beli Elpiji 3 kg

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:36 WIB
"Elpiji 3 kg masih pengembangan sistem. Jadi, belum akan kita lakukan registrasi. Tidak dalam waktu dekat kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya