Selasa 29 Maret 2022, 20:30 WIB

Transformasi Ekonomi Desa, Luhut Tekankan Pentingnya UMKM 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Transformasi Ekonomi Desa, Luhut Tekankan Pentingnya UMKM 

Antara/Rahmad
Pelaku UMKM penjaja kue traisional di Desa Tumpok Teungoh, Lhokseumawe, Aceh,

 

MENTERI Koordinator  Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menekankan pentingnya peran pelaku usaha mikro, kecil Dan menengah (UMKM) dalam transformasi ekonomi di desa. 

Hal tersebut disampaikan acara Silaturahmi Nasional Desa (Silatnas) 2022 Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Selasa (29/3). 

“Desa menjadi signifikan, karena jika dalam skala mikro sudah bagus, maka secara nasional kita juga pasti akan jadi lebih bagus," ujarnya dalam keterangan resmi. 

Luhut menegaskan, ada dua hal yang penting yang perlu dikerjakan oleh seluruh pemerintah desa di wilayah Indonesia, yaitu adanya pengembangan sumber daya manusia yang berada di desa dan inovasi produk dalam negeri.  

“Untuk riset kita akui kita masih kalah dengan Malaysia atau Tiongkok, tetapi bukan berarti kita tidak bisa kejar, justru kita kejar dengan berbagai bukti inovasi produk buatan dalam negeri," ujarnya. 

Baca juga : MAKI Gugat Mendag Terkait Pembatalan Ungkap Mafia Minyak Goreng

"Karya anak-anak kita dari berbagai perguruan tinggi contohnya ruang isolasi, prototipe masker N95 dan juga karya-karya dari UMKM tiap daerah yang juga menjadi produk inovasi,” tambahnya. 

Terkait transformasi ekonomi desa, Luhut juga menyatakan pentingnya pengembangan sumber daya manusia sangat penting. Untuk itu kepala desa, dinilai harus mencari orang-orang yang bisa disekolahkan agar nantinya mampu menaikkan daya ekonomi dari desa tersebut. 

“Untuk teman-teman di desa, bantu desa kalian dengan mengembangkan sumber daya manusia, agar terjadi inovasi di desa kalian. Sekolahkan mereka, karena itu akan mampu menaikkan perekonomian desa,” tegasnya. 

Pihaknya mencatat, mayoritas dari penduduk pedesaan memiliki data lebih dari 80% tenaga kerjanya berada di sektor pertanian dan hanya lulusan SMA/SLTP. Untuk itu, tingkat pendidikan desa perlu dinaikkan agar mendorong kualitas sumber daya manusia. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

CORE : Inflasi Indonesia di Atas 4% Masih Aman

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:36 WIB
Inflasi Indonesia di Juni dikatakan masih rendah dibandingkan inflasi di negara maju, seperti Amerika Serikat di kisaran...
ANTARA/AMPELSA

Menkeu akan Cairkan PMN Garuda usai Disetujui 365 Perwakilan Kreditur

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:33 WIB
Saat ini sebanyak 347 atau 95,07% perwakilan kreditur telah menyetujui proposal Garuda dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Legislator: Penggunaan Aplikasi Pertamina untuk BBM Subsidi Sudah Adil 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:52 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Rafli menilai penerapan mekanisme aplikasi My Pertamina untuk memperoleh BBM Subsidi seperti Pertalite dan Solar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya