Kamis 03 Maret 2022, 20:59 WIB

Saham Saudi Aramco Sentuh Rekor Tertinggi Baru

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Saham Saudi Aramco Sentuh Rekor Tertinggi Baru

AFP/Fayez Nureldine.
Papan bursa di bursa Bursa Efek (Tadawul) di Riyadh yang menampilkan saham Aramco beberapa waktu lalu.

 

SAHAM raksasa energi Saudi Aramco mencapai rekor tertinggi untuk hari kedua berturut-turut pada Kamis (3/3). Ini karena harga minyak global melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Saham Aramco diperdagangkan pada 45 riyal Saudi (US$12) di Riyadh, menurut situs pasar Saudi Tadawul, sebelum jatuh kembali ke 44,3 riyal Saudi (US$11,8) pada penutupan pasar. Pada Rabu, perdagangan berhenti di 43,05 riyal Saudi (US$ 11,48) per saham.

Kerajaan Teluk--pengekspor minyak mentah utama dunia--itu tetap menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan sejak daftar 11 Desember 2019. Aramco menetapkan harga penawaran umum perdana pada 32 riyal (US$8,53) per saham dan melonjak hingga batas maksimum 35,2 riyal pada debut pasarnya.

Harga satu barel minyak mentah West Texas Intermediate mencapai US$115 pada hari ini, tertinggi sejak 2008, karena perang dan sanksi terhadap Moskow memicu kekhawatiran terhadap pasokan global. Rusia ialah pengekspor minyak mentah terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi yang dekat dengan pemerintah Barat tetapi juga dengan Moskow.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+), yang dipimpin oleh Riyadh dan Moskow, pada Rabu gagal menanggapi seruan untuk memproduksi lebih banyak dan lebih cepat, meskipun ada tekanan pada negara-negara Teluk pada khususnya. Arab Saudi mengonfirmasi komitmennya terhadap perjanjian OPEC+ dengan Rusia pada Minggu, kantor berita resmi Saudi Press Agency melaporkan.

Baca juga: Ketua DPD Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Pemulihan Ekonomi

Arab Saudi dipandang sebagai negara awal yang membentuk anggota OPEC. Rusia ialah pemain utama di antara 10 negara lain yang membentuk OPEC+. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Dok. Surge

Surge dari Sequoia India dan Sequoia Southeast Asia Tambah Pendanaan Hingga $3 juta

👤Indrastuti 🕔Rabu 29 Juni 2022, 08:39 WIB
Dari putaran pendanaan seed dari $1 juta hingga $2 juta diperluas hingga $3...
Dok.Ist

CSAP Terus Mengembangkan Mitra 10

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 08:31 WIB
CSAP memenuhi target opening Superstore baru ke-3 dari 4 toko baru di...
dok.Kemenaker

Binawan Kirim 150 Tenaga Kesehatan ke Arab Saudi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 06:50 WIB
BINAWAN Group bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi, mengirim 150 tenaga kesehatan, untuk memenuhi kebutuhan perawat di RS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya