Rabu 23 Februari 2022, 09:00 WIB

Mendag Lutfi: Distribusi Minyak Goreng Tengah Dibenahi

Agus Utantoro | Ekonomi
Mendag Lutfi: Distribusi Minyak Goreng Tengah Dibenahi

dok.Ant
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi

 

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan dalam pekan ini, permasalahan minyak goreng di Indonesia, dapat diibaratkan keluar dari ICU (Intensive Care Unit atau gawat darurat) dan masuk ke rawat inap.

Demikian disampaikan Mendag Lutfi Kepada wartawan di sela-sela kunjungannya di Yogyakarta, Selasa (2/22) sore. Mendag menjelaskan, pemerintah mengeluarkan aturan terkait harga minyak goreng baru pada 14 Februari lalu. Dari tanggal 14 hingga 20, pemerintah sudah dapatkan minyak sebesar 125 juta liter atau setara dengan sepertiga kebutuhan per bulan.

Selanjutnya, jelas Lutfi, yang dikejar adalah perjalanan dari CPO menuju pabrik dan yang dari pabrik menuju D-1 atau distribution channel.

"Ini kita sekarang lagi berusaha untuk mempercepat keluarnya dari D-1 ini ke bawah," katanya.

Targetnya, jelas dia, jika dibagi empat tahap, sekarang ini dapat diibaratkan berada di ICU dan karena minyak mulai banyak di masyarakat, diharapkan dari ICU pindah ke rawat inap sehingga akan menuju langkah selanjutnya, tidak lagi terjadi kelangkaan.

Dikatakan, untuk penyediaan minyak goreng tersebut, CPO diperoleh dari Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi serta tidak melakukan importasi. "Nggak ada impor semua barang Indonesia," tegasnya.

Terkait adanya temuan penimbunan di Medan, Sumatera Utara, Mendag menjelaskan, pihak distributor sudah menghubungi Kementerian Perdagangan dan polisi. Minyak yang ada di penimbunan jelasnya, kesemuanya sudah dikeluarkan dan digelontorkan ke pasar.

Sedangkan Kementerian Perdagangan, imbuhnya, sedang fokus untuk membuka jalur-jalur distribusi agar semuanya berjalan. "Tetapi kalau ada spekulan yang melawan hukum akan saya tuntut, saya sudah bicara dengan Kapolri, Kabareskrim ditangkep, untuk diproses secara hukum," tegasnya. (OL-13)

Baca Juga: Ombudsman: Pedagang Masih Jual Minyak Goreng di Atas Harga Eceran

 

Baca Juga

dok.AFP

Kebijakan Bank Sentral AS Terlalu Agresif Ciptakan Bencana di Negara Lain

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 07:59 WIB
KENAIKAN suku bunga yang terlalu agresif oleh Federal Reserve (Bank Sentral) AS menciptakan stagflasi di seluruh...
MI/HO

Sambut HUT RI, Tri Gelar Promo Pesta Kemerdekaan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 07:30 WIB
"Program Pesta Diskon Kemerdekaan ini secara khusus diadakan sebagai bentuk apresiasi kami untuk para pelanggan yang selalu setia...
DOK/CITI INDONESIA

Citi Indonesia Latih 300 Wirausahawan Pemula dari Tiga Kota

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:15 WIB
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya