Selasa 22 Februari 2022, 11:31 WIB

Bisnis Skincare Ade Hilwan Membuka Ribuan Lapangan Pekerjaan di Lombok

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Bisnis Skincare Ade Hilwan Membuka Ribuan Lapangan Pekerjaan di Lombok

Dok Instagram
Ade Hilwan

 

Sampai kapanpun, pekerjaan akan selalu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Para pencari kerja baik bagi yang baru saja lulus ataupun yang sudah berpengalaman pun berlomba-lomba mencari pekerjaan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Pekerjaan-pekerjaan idaman sebagai pegawai negeri pun kini dianggap terlalu sulit untuk diraih di tengah persaingan ketat para pemburu kerja.

Menyikapi keresahan ini, siapa sangka sosok seorang putra daerah sekaligus seorang entrepreneur muda merasa tergugah untuk membuka lapangan pekerjaan bagi ribuan orang di daerahnya, Lombok dengan meluncurkan Adera Cosmetic.

Sosok luar biasa ini adalah Hilwan Aprisardi atau lebih sering disapa Ade Hilwan. Lantas, bagaimana awal mula ia membuka ribuan lapangan pekerjaan di Lombok? “Dulu saya hanya kerja sama temen-temen deket saat kuliah. Lama-lama kami berpikir untuk berbagi dengan orang lain yang sama-sama membutuhkan pekerjaan,” ujarnya.

Pastinya  hal ini bukan perkara mudah. Membuka lapangan pekerjaan tentu harus dibarengi pula dengan upaya perluasan usaha skincare yang ia lakukan bersama timnya. “Dengan membesarkan usaha, tentu membutuhkan lebih banyak tenaga. Dari sana awal mula usaha (kami) berkembang dan membuka lowongan kerja untuk banyak orang.”

Ia bukan orang pertama yang berbisnis di dunia skincare, sehingga persaingannya pun terbilang tak mudah. Lantas, apa yang membuatnya berani berbisnis skincare hingga membuat lapangan pekerjaan bagi banyak orang? “Usaha yang kami jalani sekarang adalah usaha di bidang kosmetik dan skincare yang kami produksi dan pasarkan secara online di media sosial. Alasan kami memilih cara ini (berjualan secara online) adalah karena zaman sekarang semua orang punya smartphone dan punya akun media sosial. Peluang itulah yang saya ambil untuk menjangkau lebih banyak orang walaupun orang tersebut berada di tempat yang jauh,” ucapnya yakin.

Berbisnis secara online memang dianggap lebih menguntungkan dan mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas dibandingkan dengan berbisnis dengan cara konvensional. Namun sayangnya di tahun 2020 virus Covid-19 datang dan berdampak pada setiap sektor kehidupan masyarakat dunia, tak terkecuali pada bisnis yang dijalani oleh pria dengan akun Instagram @adehilwan ini.

“Pandemi Covid19 membuat penjualan menurun walaupun persentasenya tidak terlalu besar. Daya beli masyarakat  menurun karena banyak yang kehilangan pekerjaan. Masyarakat lebih memilih untuk membeli kebutuhan pokok daripada skincare.”

Tak hanya itu, kebijakan lockdown yang dilakukan pemerintah juga berdampak pada bisnisnya. “Penyebab lain adalah banyak daerah yang lockdown dan kurir kami yang mengantar paket tidak bisa masuk, sehingga paket kami banyak yang dikembalikan ke gudang. Itu masalah yang dulu kami hadapi saat pandemi covid baru terjadi.”

Walaupun sempat terdampak Covid-19, Ade Hilwan merasa tak kapok dan tetap ingin mengembangkan bisnisnya. Ketika ditanya tentang rencana bisnis selanjutnya, ia pun terkekeh dan mengaku masih tetap ingin berbisnis skincare.  (OL-12)

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya