Senin 24 Januari 2022, 17:04 WIB

Harga Emas Koreksi Tipis, Investor Wait and See

 Fetry Wuryasti | Ekonomi
Harga Emas Koreksi Tipis, Investor Wait and See

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Pramuniaga menunjukkan emas mikro atau emas batangan yang berukuran 0,1 gram di sebuah gerai emas di Malang, Jawa Timur.

 

HARGA emas turun ke level USD1.833,24 per troy ons. Walaupun demikian, dalam sepekan terakhir harga emas telah naik hampir 1%. Penguatan nilai dolar AS di tengah isu kenaikan nilai suku bunga AS memberikan tekanan ke harga emas.

"Investor masih menunggu hasil pertemuan The Fed tanggal 25-26 Januari 2022," kata Revandra Aritama, Research & Development Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Senin (24/1).

Harga emas mengalami penurunan tipis setelah lonjakan harga yang terjadi di pekan lalu. Isu pengetatan kebijakan moneter AS untuk menekan inflasi yang tinggi menjadi faktor yang memberi tekanan pada pergerakan harga emas.

Sebagai aset lindung nilai, emas sangat sensitif terhadap kebijakan moneter. Kenaikan nilai suku bunga membuat emas menjadi kurang menarik karena tidak memberikan hasil imbal apapun, sehingga ada kemungkinan investor akan melepas emas seiring dengan pengetatan kebijakan moneter Amerika Serikat.

Harga emas naik tajam dengan support saat ini beralih ke area US $1.828 dan resistance terdekat berada di areal US $1.849. Support terjauhnya berada di area USD1.813 hingga ke area USD1803, sementara untuk resistance terjauhnya berada di area US $1.867 hingga ke area USD1.887. (Try/OL-09)

Baca Juga

Antara/Sigid Kurniawan

Menkeu: Postur APBN 2023 Masih Defisit, Rasio Utang Tetap Dikendalikan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 12:24 WIB
Pengelolaan pembiayaan untuk menutup kesenjangan finansial (financial gap) akan dilakukan secara efisien, hati-hati dan berkelanjutan...
Antara

Sandiaga Optimistis Kunjungan Turis dari Asia Selatan akan Melonjak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:02 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis jumlah kunjungan wisatawan dari Asia Selatan ke...
AFP/Daniel Slim

The Fed Masih Terus Mencari Cara Kendalikan Inflasi

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:55 WIB
Muncul gagasan bagi Bank Sentral AS The Fed untuk meningkatkan target inflasi AS, dari sebelumnya di 2%. Dengan menaikkan target inflasi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya