Sabtu 01 Januari 2022, 13:11 WIB

Krisis Pasokan Dalam Negeri, Ekspor Batu Bara Resmi Dilarang Mulai Hari Ini

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Krisis Pasokan Dalam Negeri, Ekspor Batu Bara Resmi Dilarang Mulai Hari Ini

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Aktivitas bongkar muat batu bara

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi melarang ekspor batu bara per 1 Januari hingga 30 hari ke depan.

Langkah ini diambil lantaran mendapat surat dari Direktur Utama PT PLN (Persero) Nomor 77875/EPI.01.01/C01000000/2021-R pada 31 Desember 2021 perihal Krisis Pasokan Batu bara untuk PLTU PLN dan Independent Power Producer (IPP).

Pengumuman ESDM soal penghentian sementara ekspor batu bara ditujukan kepada pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP), Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu bara (PKP2B), dan IUPK sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak/Perjanjian untuk memenuhi kebutuhan batu bara dalam negeri.

"Dilarang melakukan penjualan batu bara ke luar negeri sejak 1 sampai dengan 31 Januari 2022," ungkap Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin dalam surat resmi ESDM pada (31/12/2021).

Baca juga: Mentan Lepas Ekspor Pertanian Rp14,4 Triliun ke 124 Negara Serentak di 33 Provinsi

Para pemegang usaha izin tambang juga diminta wajib memasok seluruh produksi batu bara untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional sesuai kewajiban pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan/atau penugasan dari Pemerintah kepada perusahaan dan/atau kontrak dengan PT PLN dan IPP.

"Dalam hal sudah terdapat batu bara di pelabuhan muat dan/atau sudah dimuat di kapal agar segera dikirimkan ke PLTU milik Grup PT PLN dan IPP yang pelaksanaannya agar segera diselesaikan dengan PT PLN," jelas Ridwan.

Pelarangan penjualan batu bara ke luar negeri tersebut, lanjutnya, akan dievaluasi dan ditinjau kembali berdasarkan realisasi pasokan batubara untuk PLTU Grup PT PLN dan IPP.

ESDM juga menjelaskan langkah tersebut diambil dalam rangka mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem pada bulan ini hingga Februari 2022. (OL-4)

Baca Juga

MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...
ANTARA

Indodax: Penurunan Harga Bitcoin saat ini Siklus Empat Tahunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:45 WIB
Siklus empat tahunan tersebut sering dimanfaatkan orang untuk membeli dan mengumpulkan aset...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya