Rabu 13 Oktober 2021, 12:08 WIB

Presiden: Jangan Cuma Jadi Tukang Gali

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Jangan Cuma Jadi Tukang Gali

Setpres/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo di pembangunan Smelter tembaga Freeport, tempat mengolah bahan tambang agar memiliki nilai tambah

 

JANGAN cuma jadi tukang gali. Permintaan itu ditekankan Presiden Joko Widodo kepada semua pelaku usaha di Tanah Air.

Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang melimpah, baik hayati maupun nonhayati. Namun, selama ini, kekayaan itu belum bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan negara.

Sangat banyak hasil tambang, hasil hutan, hasil laut yang dikeruk dan langsung diekspor tanpa diolah terlebih dulu. Akhirnya, Indonesia tidak bisa menikmati nilai tambah yang semestinya bisa diperoleh dalam jumlah besar.

"Dengan mengekspor mentah, kita memang dapat uang dari situ tapi nilai tambahnya nol. Artinya, kalau hasil tambang, jangan hanya jadi tukang gali saja. Kalau kita cuma jadi tukang gali, kirim ke luar, negara lain yang punya smelter mengolah menjadi barang jadi, kemudian dijual lagi ke sini. Kita beli dengan harga mahal. Tidak bisa lagi seperti itu," kata Jokowi saat memberi arahan kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII 2021 Lemhannas RI, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10).

Baca juga: Mendag: RI Komitmen Tingkatkan Nilai Tambah Sektor Pertambangan

Tidak hanya pada produk tambang, penciptaan nilai tambah melalui hilirisasi juga harus dilakukan di semua komoditas unggulan seperti ikan, kayu, nikel, bauksit dan lain-lain.

"Semua komoditas harus kita dorong hilirisasi. Misalnya nikel. Itu harus bisa kita olah jadi katoda baterai, stainless steel. Nanti diintegrasikan dengan industri otomotif karena peluang ke depan adalah mobil listrik. Jangan sampai kita kehilangan kesempatan karena mengekspor dalam bentuk mentah," tutur Kepala Negara.(OL-5)

Baca Juga

MI/Lilik Dharmawan

Siemens akan Investasi Proyek EV hingga PLTS di Indonesia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Mei 2022, 19:17 WIB
"Ini tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada Maret lalu tentang pembahasan kerja sama Siemens dengan Pertamina Power soal energi...
Antara / Nova Wahyudi

Imbas Konflik Rusia-Ukraina, Jerman Bakal Beli Batu Bara dari RI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Mei 2022, 19:00 WIB
50% suplai batu bara Jerman berasal dari Rusia. Namun, imbas ketegangan dengan Ukraina, Rusia mengancam menyetop pasokan gas ke...
Freepik.com

Kadin Sebut Perdagangan Karbon Dimonopoli AS dan Uni Eropa  

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 29 Mei 2022, 17:07 WIB
"Metode konversi karbon yang bisa diperdagangkan di bursa komoditi saat ini dimonopoli oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya