Jumat 03 September 2021, 19:17 WIB

Bayar Pajak dan Tilang Bisa Lewat Dana

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Bayar Pajak dan Tilang Bisa Lewat Dana

Dok.Dana
Peluncuran fasilitas pembayaran penerimaan negara melalui DANA

 

DIREKTORAT Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu secara resmi menunjuk DANA sebagai Lembaga Persepsi Lainnya (LPL) sebagai salah satu pembayaran Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3).

Dengan demikian bayar pajak, tilang, paspor dan lainnya kini dapat dilakukan melalui dompet digital DANA.

"Dalam konteks penerimaan ini sangat terkait dengan kemampuan pemerintah menyediakan sistem penerimaan negara dan harus lebih cepat, aman, praktis dan andal dalam rangka memberikan pelayanan kepada wajib pajak, wajib bayar, maupun wajib setor," ungkap Kepala Subdirektorat Manajemen Penerimaan dan Pengeluaran Kas DJPb Kemenkeu Dayu Rusanto dalam konferensi pers Peluncuran Integrasi MPN G3 Di Aplikasi DANA secara virtual, Jumat (3/9).

Dengan bergabungnya DANA, Kemenkeu kini telah memiliki 91 agen penerimaan (collecting agent), terdiri dari 83 bank persepsi, 1 pos persepsi dan 7 LPL untuk MPN G3.

Perlu diketahui, sampai dengan 31 Agustus 2021, MPN G3 telah memproses 52 juta transaksi dengan nilai Rp1.269 triliun dan di dalamnya ada transaksi yang dilakukan LPL sebanyak 682.000 transaksi senilai Rp2 triliun.

"Ini peningkatan yang terus bertambah sejak 2018-2021. Saat ini lebih dari 90% transaksi penerimaan negara yang dibayar ke kas negara melalui MPN G3," ujarnya.

Dengan kehadiran DANA, Dayu optimis masyarakat akan dimudahkan dalam melakukan kewajiban pajaknya selain bisa juga melalui transfer bank, virtual account, dan kartu kredit.

"Kerja sama kami ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat agar bisa membayar kewajiban pajak dan penerimaan negaranya lebih luas lagi. Tentunya bagaimana masyarakat dapat diberikan opsi seluas mungkin dalam membantu pemerintah mengumpulkan pajak dan penerimaan negara," pungkas Chief People & Corporate Strategy DANA Agustina Samara.

Perlu diketahui, untuk membayar pajak menggunakan aplikasi DANA cukup mudah. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi DANA melalui PlayStore/AppStore. Setelah diunduh, pengguna dapat memilih fitur atau kategori bills penerimaan negara.

Dalam fitur ini, terdapat 3 sub pembayaran yaitu pajak online (PPh, PPN, PPnBM), bea cukai dan PNBP (bayar tilang, paspor dan perpanjangan SIM). Setelah itu, pengguna diminta memasukkan kode billing yang sebelumnya sudah didapat dari MPN.kemenkeu.go.id.

Jika sudah mendapat kode billing, pengguna tinggal memilih 'check bill' dan tagihan akan keluar. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan dan pembayaran sudah selesai dilakukan. Terakhir, terdapat kode NTPN untuk menyatakan pajak sudah dibayarkan. (Des/E-1)

Baca Juga

MI/HO

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Asia Pacific Stevie Awards 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 09:15 WIB
Untuk melengkapi kesuksesan IOH, Ooredoo Group juga berhasil meraih 8 kategori lainnya di APAC Stevie Awards...
Ist/DPR

BAKN DPR RI Apresiasi Meningkatnya Kesejahteran Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 08:45 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan...
ANTARA/Adwit B Pramono

Pertamina: Pendaftar BBM Subsidi Sudah Mencapai 50 Ribu Kendaraan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:51 WIB
Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya