Sabtu 21 Agustus 2021, 11:26 WIB

Terlilit Cicilan Pinjaman Online Menggunung? Tips Ini Bisa Diterapkan untuk Mengatasinya

mediaindonesia.com | Ekonomi
Terlilit Cicilan Pinjaman Online Menggunung? Tips Ini Bisa Diterapkan untuk Mengatasinya

Ist/Ilustrasi
Ilustrasi pinjaman online.

 

WACANA tentang bahaya layanan pinjaman online abal-abal sebenarnya sudah cukup ramai diberikan kepada masyarakat. Namun, entah karena literasi finansial yang rendah atau memiliki gaya hidup serta jumlah konsumsi yang tak terkontrol, korban pinjaman online palsu masih terus bermunculan hingga kini. 

Tak sedikit pula orang yang sudah terlanjur terlilit cicilan pinjaman online hingga nyaris mustahil untuk bisa melunasinya. Namun, tentunya ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk menyiasati beban utang pinjol yang sudah menggunung. 

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meringankan beban cicilan pinjaman online yang terlalu besar agar lebih mungkin untuk dilunasi. Simak penjelasannya berikut ini. 

1.Segera Ajukan Restrukturisasi 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk meringankan beban cicilan pinjaman online yang sudah terlanjur membengkak adalah mengajukan restrukturisasi kepada pihak penyedia layanan agar beban cicilan menjadi lebih rendah dan lebih terjangkau keuangan.

Restrukturisasi merupakan upaya yang paling umum dilakukan untuk meringankan beban kredit apapun yang terlalu besar. Restrukturisasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti penurunan tingkat bunga pinjaman, perpanjangan tenor atau jangka waktu pelunasan, pengurangan tunggakan pada bunga kredit, pengurangan tunggakan pada pokok kredit, hingga menambah fasilitas kredit.

Pengajuan restrukturisasi ini bisa dilakukan oleh nasabah yang mengalami kesulitan melunasi cicilan pokok maupun bunga kredit. Jadi, upayakan untuk segera melunasi cicilan pinjaman online jika mampu atau mengajukan restrukturisasi untuk meringankan beban tagihannya. Jangan sampai membiarkan utang tak terbayar karena biasanya debt collector akan terus melakukan penagihan.

2.Cari Dana Tambahan dengan Jenis Pinjaman Lain

Lalu, bagaimana jika nasabah tidak memiliki uang untuk mengupayakan pelunasan tagihan pinjaman online? Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba melakukan pengajuan pinjaman jenis lain yang mempunyai tingkat bunga lebih ringan atau lunak. 

Namun, bedakan mengajukan pinjaman lain berbunga lunak dengan berutang ke fintech pinjaman online lainnya. Pasalnya, hal tersebut hanya akan menjadi kebiasaan gali lubang, tutup lubang dan membuat beban utang tak kunjung terlunasi, bahkan semakin membengkak. 

Solusi terbaik adalah mengajukan pinjaman ke anggota keluarga atau rekan kerja karena tidak memiliki beban bunga selayaknya pinjaman di lembaga keuangan resmi sehingga bisa membantu proses pelunasan pinjaman ketika dibutuhkan. 

3.Jual atau Gadaikan Aset Berharga

Jika cara di atas masih belum cukup untuk melunasi tagihan pinjaman online, hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menjual atau menggadaikan aset berharga. Pengorbanan ini mungkin perlu dilakukan agar bisa terlepas dari jeratan pinjaman online dan tak membuatnya semakin meningkat. 

Ada beberapa jenis aset dan harta berharga yang bisa dijual atau digadaikan. Misalnya emas, BPKB kendaraan, surat tanah, dan sebagainya. Namun, pastikan hal tersebut tidak mengganggu kehidupan atau aktivitas harian Anda, apalagi sampai menghilangkan penghasilan atau kemampuan untuk bekerja.

Dan jika memungkinkan, saat menggadaikan aset berharga, pastikan tenggat waktu penebusannya terkontrol dan mampu dipenuhi agar Anda tak kehilangan hak atas harta tersebut.

4.Tingkatkan Literasi Keuangan dan Ketahui Ciri Fintech Ilegal

Setelah melakukan semua hal di atas untuk mengatasi cicilan pinjaman online yang menggunung, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menambah literasi keuangan dan mencari tahu ciri fintech ilegal. Dengan begitu, Anda tidak sampai terjebak pada layanan abal-abal yang merugikan dan mampu membuat Anda kembali terjerat utang yang menjerumuskan. 

Lebih Bijak Ajukan Pinjaman Online agar Tak Kembali Terbelenggu Utang

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa terbebas dari beban cicilan pinjaman online yang sudah terlanjur membengkak. Pahami bahwa kehadiran fintech resmi dan terdaftar OJK sejatinya adalah untuk membantu masyarakat yang tak mampu mengakses lembaga keuangan konvensional mendapatkan bantuan finansial. 

Pinjaman online yang memiliki syarat dan proses pengajuan simpel juga praktis sangat cocok menjadi solusi mengatasi masalah keuangan mendesak. Yang terpenting, hanya ajukan pinjaman di layanan yang resmi dan terdaftar OJK, serta sesuaikan jumlah dana yang dipinjam dan beban cicilannya dengan kemampuan keuangan. (RO/OL-09)


 

Baca Juga

DOK MI

Wamendag: Pasar Rakyat, Penggerak Roda Perekonomian Rakyat

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:35 WIB
tiga tugas utama Kementerian Perdagangan terkait ketahanan pangan, keseimbangan neraca perdagangan, dan pembangunan/revitalisasi pasar...
Dok. PT Taspen

Erick Rombak Susunan Direksi PT Taspen 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:31 WIB
Sementara itu, Rena Latsmi Puri sebagai Direktur Keuangan menggantikan Patar Sitanggang, Ariyandi sebagai Direktur...
Dok. Pribadi

Teken MoU, Riyadh Group Indonesia Kembangkan The Grand Mangkuputra Arcade Cilegon Seluas 4,5 Hektar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:28 WIB
Lewat kesepahaman ini, nanti Riyadh Group Indonesia akan mengelola dan mengembangkan Hotel The Grand Mangkuputra Arcade...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya