Senin 16 Agustus 2021, 10:52 WIB

Antusiasme Ratusan Peserta Pelatihan Petani dan Penyuluh Gelombang 15

mediaindindonesia.com | Ekonomi
Antusiasme Ratusan Peserta Pelatihan Petani dan Penyuluh Gelombang 15

Ist
Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta, saat kegiatan pelatihan petani dan penyuluh gelombang 15.

 

GAUNG pelatihan petani dan penyuluh tak hanya terdengar di Pulau Jawa, tetapi juga bergema hingga Papua. Kementerian Pertanian melalui UPT Pendidikan yang berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Polbangtan Manokwari memfasilitasi kegiatan pelatihan petani dan penyuluh gelombang 15 di wilayah Papua dan Papua Barat, Jumat (13/8).

Meski dilaksanakan secara virtual, terlihat antusiasme lebih dari 500 peserta yang berasal dari petani di Provinsi Papua, Papua Barat, dan bahkan dari Sabang sampai Merauke.

Dalam pelatihan, mereka diajak untuk memanfaatkan teknologi modern. Hal iti sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mengharapkan petani dan kelompok tani dapat menggarap sektor hulu hingga hilir mulai dari budi daya, hingga pascapanen pengolahan dan pemasaran.

Syahrul juga berpesan petani dan penyuluh untuk dapat memanfaatkan dan mengolah kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

"Alam Indonesia sangat melimpah dan harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kita semua,” ujar Mentan.  

Terpisah, Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, memaparkan kepada para peserta pelatihan terkait materi kesuburan tanah. Ia menyebut, kunci untuk meningkatkan daya saing adalah kompetisi produk Indonesia dan produk lain dengan produktivitas dan inovasi teknologi. 

"Saat ini, yang paling berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas adalah varietas unggul dan pupuk berimbang,” ujar Dedi dalam keterangannya, Senin (16/8).

Sedangkan Kepala Subbidang Asuransi dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Hesti Wahyudi, membahas Program KUR Pertanian Tahun 2021 serta penyaluran serta penyusunan anggaran untuk KUR. Selanjutnya strategi pengajuan KUR oleh Edward Sipahutar, Supervisor Micro BRI Kanwil Jayapura.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta, menyatakan, apa pun program kementerian bidang SDM adalah kuncinya.

Untuk itu, mohon pelatihan petani dan penyuluh ini dalam rangka meningkatkan produktivitas khususnya di komunitas strategis kita," jelas Purwanta.

Melalui materi kebijakan pemupukan, lanjut dia, memberikan wawasan kepada peserta pelatihan, sebab menjadi salah satu hal yang disorot Presiden Jokowi. "Di tengah keterbatasan APBN kita, petani kita bisa mengakses KUR," harap Purwanta.

Kegiatan pelatihan gelombang 15 diwarnai dengan beberapa kuis berhadiah bagi peserta yang diberikan pihak Bank BRI, BNI, Mandiri, dan Polbangtang Manokwari. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Sandiaga Ingin Kembangkan Ekonomi Kreatif Unggulan di Jambi

👤Ant 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:57 WIB
Ia menilai Jambi memiliki potensi wisata yang kaya dengan dibuktikan adanya dua Kawasan Strategis Pariwisata...
Dok. INPP

INPP Gandeng Cornerstone dan Cushman & Wakefield Dalam Pengembangan Antasari Place 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:08 WIB
"“Sejak awal kami perlu memastikan pemenuhan hak konsumen untuk mendapatkan layanan yang berkualitas untuk calon...
Dok. Blibli

CEO Blibli Kusumo Martanto Raih Penghargaan Marketing Champion Marketeer Of The Year 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:05 WIB
Pengakuan itu dinilai dewan juri dari keberhasilan Kusumo menavigasi Blibli lewat gebrakan bisnis dan inovasi pemasaran yang memberikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya