Kamis 05 Agustus 2021, 18:42 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Lampung Tertinggi Se-Sumatra

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Lampung Tertinggi Se-Sumatra

DOK Pribadi.
.

 

PERTUMBUHAN ekonomi Provinsi Lampung mengalami tren positif dan kenaikannya tertinggi se-Sumatra. Sesuai data badan Pusat Statistik (BPS), kenaikan itu mencapai 5,03% pada triwulan II 2021 diukur dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Lampung Nurul Andriana mengatakan perekonomian Lampung triwulan II 2021 diukur atas dasar harga berlaku mencapai Rp95,09 triliun. Ini juga terhadap PDRB atas dasar harga konstan pada 2010 mencapai Rp63,06 triliun. "Ekonomi di triwulan II-2021 tumbuh menguat 5,03% dibanding triwulan II 2020," kata Nurul saat menyampaikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung secara virtual, Kamis (5/8).

Ekonomi Provinsi Lampung semester I 2021 terhadap semester I 2020 (c-to-c) tumbuh sebesar 1,46%. Ekonomi Lampung positip naik kuartal ke kuartal (6,69%) dan year on year (5,03%). Kemudian, Pemprov Lampung menilai pertumbuhan ekonomi terjadi pada sebagian besar lapangan usaha. "Pertumbuhan ini menguat dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya saat mengalami kontraksi sebesar 3,58%," kata Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekprov Lampung Kusnardi.

Kusnardi yang didampingi Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Lampung Emilia Kusumawati mengatakan pertumbuhan positif tertinggi dicapai lapangan usaha perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil-sepeda motor sebesar 13,30%, disusul jasa kesehatan dan kegiatan sosial tumbuh sebesar 10,03%, serta diikuti transportasi dan pergudangan tumbuh 9,95%. "Struktur perekonomian Provinsi Lampung triwulan II 2021 didominasi oleh tiga lapangan usaha utama yaitu pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 30,55%, industri pengolahan 18,37%, serta perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil-sepeda motor 11,63%," papar dia.

Baca juga: Ekonomi Tumbuh 7,07%, Himbara : Jaga Momentum Pemulihan 

Terkait pertumbuhan ekonomi positif, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengaku akan terus menjalankan program pembangunan dengan sistematis, terutama pembangunan sektor pertanian, melalui Kartu Petani Berjaya (KPB). Selain itu pihaknya akan memfasilitasi meningkatnya aktivitas ekonomi melalui berbagai upaya refocusing kegiatan di tengah pandemi. "Selain itu upaya realokasi Anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Lampung yang difokuskan pada upaya peningkatan akses kesehatan masyarakat, jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi dampak covid-19," tutupnya. (RO/OL-14)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Bupati Wonosobo: Rencana Food Estate Membawa Harapan Memajukan Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 21:11 WIB
 Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan bahwa program food estate hadir memberikan harapan bagi masyarakat...
DOK KEMENTAN

Datang ke Kupang, Mentan SYL Panen Raya Jagung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 20:20 WIB
Setelah panen ini petani diminta untuk segera menanam kembali agar lahan tidak terlalu lama...
AFP

Paviliun Indonesia Sudah Dikunjungi Lebih dari 50 Ribu Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 17:41 WIB
Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai mempromosikan berbagai produk UMKM siap ekspor, mengadakan forum bisnis, hingga menunjukkan budaya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya