Kamis 05 Agustus 2021, 14:11 WIB

BPS: Ekonomi Membaik, Tapi Belum Kembali ke Posisi Normal

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
BPS: Ekonomi Membaik, Tapi Belum Kembali ke Posisi Normal

Antara
Ekonomi Indonesia membaik

 

KEPALA Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengungkapkan, ekonomi Indonesia pada triwulan II 2021 yang tumbuh 7,07% (year on year) merupakan capaian apik pascatumbuh negatif sejak triwulan II 2020. Hanya, capaian itu belum mampu menyamai pertumbuhan di kondisi normal sebelum adanya pandemi covid-19.

“Itu mengindikasikan bahwa ekonomi Indonesia sudah membaik karena sudah positif. namun catatannya, meski sudah tumbuh positif, sudah ada perbaikan, namun itu belum kembali pada kondisi ekonomi sebelum pandemi covid,” ujarnya saat menyampaikan rilis secara virtual, Kamis (5/8).

Margo bilang, secara tahunan, ekonomi triwulan II 2021 yang tumbuh sebesar 7,07% itu terjadi karena adanya low base effect dari angka pertumbuhan triwulan II 2020 yang minus 5,32%. Sedangkan bila dihitung secara triwulanan (quarter to quarter), ekonomi Indonesia tercatat hanya tumbuh 3,31%.

Baca juga : Pengamat: Kinerja Ekonomi Indonesia Sudah di Jalur yang Benar

Lalu bila dilihat secara kumulatif dalam periode Januari-Juni 2021, ekonomi Indonesia tercatat tumbuh 3,10%. “Artinya tumbuh sekitar 3% (q to q), kalau sebelum covid kan tumbuh sekitar 4%. Jadi perbaikan sudah ada, ekonomi kita sudah tumbuh. Tapi pencapaiannya belum sama seperti pada kondisi normal,” jelas Margo.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi di angka 7,07% pada triwulan II 2021 itu juga merupakan yang tertinggi sejak triwulan IV 2004. Saat itu, kata Margo, perekonomian Indonesia mampu tumbuh di angka 7,16%. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok JBC

Jakarta Business District Diplot Jadi Gerbang Koridor Timur

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:30 WIB
Koridor Timur Jakarta yang terintegrasi mulai dari Jakarta Timur, Bekasi, Cikarang, Karawang hingga Purwakarta kini menjadi primadona...
Dok MI

Sandiaga Dorong Pelaku Wisata Berdaya Saing

👤Ant 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:26 WIB
Sandiaga menilai produk ekraf yang dihadirkan para finalis di Kota Palembang sudah memiliki kualitas yang...
Ilustrasi

Penyaluran Kredit Fintech Tembus Rp249 T, Diakses 479 Juta Pengguna 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:24 WIB
"Anggota kami sudah melayani lebih 193 juta pengguna transaksi sebagai lender (pemberi pinjaman). Kemudian, sudah diberikan ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya