Sabtu 24 Juli 2021, 22:49 WIB

Mentan Jamin Stok Beras Hingga Akhir Tahun

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Mentan Jamin Stok Beras Hingga Akhir Tahun

Antara
Mentan Syahrul Yasin Limpo

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok beras hingga akhir tahun dalam kondisi aman. Berdasarkan data BPS yang telah diolah pihaknya, Produksi beras bulan Juni mencapai 2,59 juta ton ditambah stok yang ada menjadi 10,6 juta ton, dan stok akhir Desember 2021 diproyeksikan mencapai 9,6 juta ton.

"Dari data yang ada alhamdulillah bagus, artinya kesiapan kita, stok beras kita secara nasional dalam kondisi yang baik dan mencukupi, dan hari ini kita panen, dan kita buktinan dilapangan," ujarnya saat melakukan monitoring areal persawahan dan panen padi di Desa Suka Asih, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang dikutip dari siaran pers, Sabtu (24/7).

Dia menambahkan, pihaknya telah mengoptimalisasi upaya pemenuhan pangan di masa pandemi covid-19. Peningkatan produksi dilakukan dengan memvalidasi di lapangan, mulai dari percepatan nusim tanam-II, pemberian bantuan kepada petani, penyerapan gabah secara maksimal hingga penanganan pascapanen.

"Upaya ini juga dalam rangka menjabarkan perintah Bapak Presiden untuk semua Menteri tidak hanya menerima laporan dan mendapatkan data, tetapi harus dilapangan, untuk validasi data pangan yang ada, khususnya data padi kita," kata Syahrul.

Ia memastikan dengan adanya panen raya dan percepatan tanam di berbagai wilayah, ia yakin kebutuhan beras masyarakat mampu dipenuhi dari produksi dalam negeri meski ditengah pembatasan akibat pandemi. Adanya potensi panen dari berbagai daerah, pihaknya bersama dengan Bulog dan pemerintah daerah akan berupaya maksimal menyerap gabah petani.

"Saya yakin pangan kita aman, kita ada perhitungan yang jelas kapan masa panen dan masa tanam, daerah mana saja, dan kita lakukan akselerasi, percepatan bersama pemerintah daerah, cadangan beras juga cukup banyak baik yang ada di pengendalian langsung Bulog, penggilingan dan penanganan pemerintah daerah," jelasnya.

Senada, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi mengungapkan, saat ini beberapa wilayah di Indonesia tengah memasuki waktu panen. Kabupaten Bekasi misalnya, diprediksi sepanjang Juli ini akan panen hingga 4.458 ha dengan estimasi produksi hingga 26.748 ton GKG.

"Di lokasi panen ini saja ada 50 hektar yang siap panen, dengan varietas inpari 32 produktivitas disini bisa mencapai 6 ton GKP/ha, se Kabupaten Bekasi Potensi panen di Agustus nanti bisa sampai 6.989 ha, dengan estimasi produksi 41.935 ton GKG, dan tercatat serapan Bulog hingga Bulan ini mencapai 150 ton," jelasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

BI: Kebutuhan Pembiayaan Rumah Tangga Meningkat

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 17 September 2021, 17:05 WIB
Pada Agustus 2021, bank umum masih menjadi preferensi sumber utama penambahan pembiayaan responden rumah tangga dengan pangsa sebesar...
Dok Maange

Brand Kecantikan Maange Mulai Gencar Sasar Pasar Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 16:48 WIB
Maange secara bertahap telah mempopulerkan berbagai style dalam industri kecantikan dan menjangkau pasar Amerika, Eropa, dan...
Ist/PT Puradelta Lestari Tbk

PT Puradelta Lestari Tbk Raih Penghargaan di Ajang Bisnis Indonesia Awards 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 15:12 WIB
Bisnis Indonesia Awards adalah bentuk penghargaan terhadap para pelaku bisnis di Indonesia, khususnya yang terdaftar di Bursa Efek...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya