Kamis 15 Juli 2021, 17:27 WIB

UKM Susu Butuh Kemudahan Izin

Bagus Suryo | Ekonomi
UKM Susu Butuh Kemudahan Izin

DOK Pribadi.
Permintaan susu segar kambing etawa meningkat selama pandemi covid-19. Susu etawa dijual Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per liter.

 

PEMERINTAH dinilai belum memberikan pendampingan cukup kuat bagi usaha mikro kecil berbasis susu olahan. Agus Sugeng Harianto mengaku sejak 15 tahun ini menjalankan usaha mandiri. Sampai sekarang, ia tak tersentuh bantuan dari pemerintah daerah.

Bahkan, pelatihan dan pendampingan perizinan pun tak ia dapatkan. "Saya berusaha sendiri. Demikian juga yang lain agar bersemangat bertahan hidup selama masa pandemi. Yang penting usaha dan hasilnya disyukuri untuk mencukupi kebutuhan keluarga," tegas Agus, peternak kambing etawa, di Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (15/7).

Pakar persusuan Universitas Brawijaya Malang Firman Jaya menyatakan sampai saat ini produk susu yang diproduksi UMKM terbentur ribetnya regulasi. Padahal permintaan sedang meningkat selama pandemi.

"UKM susu nasional tidak bisa naik ke nasional karena terbentur oleh legalitas BPOM yang cara pengurusanya sangat njelimet bagi UKM," tegas Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang Firman Jaya.

Firman menjelaskan perkembangan persusuan dan produk olahan susu nasional masih di bawah bayang-bayang industri pengolahan susu. "Alhasil, hasil produk turunan UKM susu nasional tidak dapat ke pasar nasional, kalah dengan produk pabrikan," ujarnya.

Untuk itu, stategi yang tepat yaitu campur tangan pemerintah dengan menghadirkan kebijakan lebih longgar bagi UKM susu agar mereka naik kelas. Caranya, pemerintah mendampingi mereka sampai mendapatkan izin edar BPOM. (OL-14)

Baca Juga

Tokko Semesta

Ridwan Kamil Resmikan Platform Khusus UMKM Tokko

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:46 WIB
Tokko Semesta (tokko.co.id) merupakan sebuah platform digital yang dirancang untuk sepenuhnya mendukung aktivitas para pelaku UMKM dalam...
Dok.Semen Indonesia

Semen Indonesia Kembali Raih Predikat Outstanding Company dari Asiamoney

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 19:46 WIB
Penghargaan ini merupakan motivasi sekaligus semangat bagi SMGR untuk terus mendorong kinerja...
Ist/Kementan

BPP Lampung Raih Juara Realisasi Anggaran Berbasis Kinerja

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 19:32 WIB
Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung berhasil meraih juara II untuk kategori realisasi serapan anggaran di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya