Kamis 15 Juli 2021, 16:56 WIB

Industri Oksigen Baru Beroperasi 74% dari Kapasitas Terpasang

Agus Utantoro | Ekonomi
Industri Oksigen Baru Beroperasi 74% dari Kapasitas Terpasang

Antara/Yulius Satria Wijaya.
Petugas menyiapkan tabung oksigen untuk diisi di Cibinong Gas Oxygen Filling Station, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/7).

 

KELANGKAAN pasokan oksigen belum lama ini terjadi seiring pertambahan jumlah pasien covid-19. Salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu optimalisasi kapasitas unit-unit produksi di dalam negeri.

Saat ini industri yang baru beroperasi 74% dari kapasitas terpasang. Dari seluruh produksi, 72% di antaranya digunakan bagi kepentingan industri dan hanya 28% untuk kebutuhan medis.

"Yang bisa dilakukan yaitu optimalisasi kapasitas produksi unit-unit yang kita miliki. Namun, dengan meningkatnya kebutuhan oksigen yang sangat besar akibat melonjaknya pasien covid-19, menerima bantuan oksigen dari negara sahabat dan impor oksigen menjadi keniscayaan demi menyelamatkan banyak pasien," kata pakar energi yang juga dosen Departemen Teknik Kimia UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., Kamis (15/7).

Menurut dia, untuk kondisi normal sebenarnya pasokan oksigen di Tanah Air saat ini tidak ada masalah dan sudah mencukupi. Selain digunakan di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, oksigen juga banyak dipakai di blast furnace untuk pembuatan baja.

Dia menambahkan, oksigen merupakan komponen penting dalam sintesis zat-zat kimia seperti ammonia, alkohol, dan berbagai jenis bahan plastik. "Oksigen dan asetilen juga digunakan dalam pengelasan dan metal cutting karena dapat menghasilkan suhu yang sangat tinggi. Bahan bakar roket bisa dari oksigen cair dengan suhu di bawah -183oC (minus 183 derajat Celsius)," jelas Panut Mulyono yang juga Rektor UGM itu. (OL-14)

Baca Juga

AFP/John Thys.

Unilever Indonesia Catat Penjualan Bersih Rp30 Triliun hingga September

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:58 WIB
Selain PPKM, Ira menuturkan tantangan usaha lain ialah kenaikan harga komoditas yang masih berlanjut dan semakin memengaruhi biaya produk...
AFP/Chaideer Mahyuddin.

Garuda Ditargetkan Bergabung ke Holding Aviasi pada 2023

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:49 WIB
Selanjutnya, Garuda akan bergabung dengan Aviata pada tahap ketiga setelah proses restrukturisasi...
Antara/Yulius Satria Wijaya.

Persaingan makin Sengit, Siapa Juara E-Commerce Indonesia pada 2021?

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 13:39 WIB
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, SnapCart melakukan riset dengan metode online survei yang dilakukan sejak September...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya